Kamis, 09 Mar 2017 08:05 WIB

Cara Paling Tepat Turunkan Bobot Pasca Melahirkan

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Salah satu masalah yang kerap dialami para ibu pasca melahirkan adalah berat badan yang tidak turun kembali dan justru malah bertambah. Kondisi ini pun kerap dianggap lumrah. Padahal dengan cara yang tepat, berat badan bisa turun kembali.

Menurut nutrisionis Leona Victoria Djajadi, MND, langkah awal untuk memulai program penurunan berat badan adalah mengenali indeks massa tubuh (IMT). Jika kadar IMT Anda termasuk kategori obesitas, maka Anda perlu tahu di poin ini Anda berisiko untuk terus bertambah berat badannya.

Anda juga perlu memahami bahwa pengurangan berat badan pasca melahirkan sebaiknya tidak terburu-buru. Paling tidak berikan waktu sebanyak 3 hingga 9 bulan. Tentu saja penurunan berat badan ini sebaiknya tidak dilakukan secara instan dengan konsumsi pil diet, tapi dengan perubahan pola makan dan olahraga.

Baca juga: Benarkah Makan Makanan yang Sama Tiap Hari Ampuh Turunkan Bobot?

Victoria pun menjelaskan, perubahan pola makan yang Anda terapkan bisa dimulai dengan membuat jadwal makan yang jelas enam kali sehari. Semuanya diseling antara dua hingga empat jam, bergantung pada pengaturan waktu Anda.

"Jadi tiga kali makan besar dan tiga kali makan snack. Snack di sini adalah buah segar, produk susu rendah lemak dan sandwich isi sayur," tutur Victoria kepada detikHealth.

Jangan lupa untuk sering-sering minum air putih. Jika perlu, selalu sediakan air putih di meja kerja atau di mobil ketika sedang berada dalam perjalanan.

Victoria menambahkan, metode ini akan memberikan hasil lebih cepat jika ditambah dengan olahraga ringan. Misalnya dengan yoga atau berjalan kaki.

"Pantangannya adalah makanan gorengan, kerupuk, keripik, manisan, kue-kue, sirup dan gulali atau permen ya," pesan Victoria.

Baca juga: Nonton TV Saat Makan Malam Tingkatkan Risiko Obesitas

(ajg/vit)