Selasa, 02 Mei 2017 11:02 WIB

Mau Turun Berat Badan? Coba Pakai Piring Warna Merah

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Jika saat ini Anda berencana ingin menurunkan berat badan, coba ganti warna piring Anda dengan yang berwarna merah. Pakar sebut alas makan warna merah dapat membantu 'mengendalikan' nafsu makan berlebih.

Seperti disampaikan oleh pakar psikologi dari University of Oxford, Inggris, Charles Spence, warna merah bisa memberikan sinyal pada otak, yang kemudian dapat membuat Anda tak ingin makan berlebihan.

Sementara itu, makan dengan menggunakan piring putih (seperti yang umumnya dimiliki orang-orang) dapat membuat makanan terasa lebih manis. Kondisi ini tanpa disadari dapat membuat Anda makan menjadi lebih banyak.

"Konsumsi makanan di atas piring warna merah dapat membuat Anda makan lebih sedikit. Ini karena warna merah memicu sinyal serupa seperti tanda bahaya, sehingga nafsu makan pun bisa lebih terkendali dan Anda tak jadi makan terlalu banyak," ujar Spence, seperti dikutip dari Daily Mail.

Baca juga: 10 Kesalahan Saat Sarapan Ini Bisa Bikin Badan Menggemuk (1)

Sebelumnya Spence juga pernah menuturkan manfaat dari mengubah warna piring terhadap pengaturan porsi makanan. Dikutip dari Health, ia menyebutkan kebiasaan memilih warna piring yang kontras dengan warna makanan juga dapat membantu mengendalikan porsi makan.

Makan nasi misalnya, porsinya akan menjadi lebih terkendali jika Anda mengonsumsinya dengan menggunakan piring berwarna kontras seperti hitam atau merah. Jika Anda justru menggunakan piring yang juga berwarna putih, Anda akan menjadi makan lebih banyak karena warnanya serupa.

Hal ini senada dengan penelitian yang dilakukan oleh Dr Brian Wansink, dari Cornell University's Food & Brand Lab, AS. Ia mengungkapkan bahwa warna di sekitar tempat makan sangat memengaruhi porsi makan, serta rasa kenyang. Warna-warna tersebut termasuk di dinding ruang makan, pencahayaan dari lampu, serta warna piring itu sendiri.

"Warna tertentu dapat membuat nafsu makan meningkat, atau bahkan malah menurun. Dianjurkan untuk menggunakan piring dengan warna yang kontras dengan warna makanan Anda," tutur Wansink.

Tak cuma saat makan nasi, 'aturan' warna ini juga dianjurkan saat Anda mengonsumsi makanan penutup seperti es krim. Wansink menuturkan saat makan es krim vanila misalnya, Anda lebih dianjurkan untuk menggunakan wadah berwarna gelap. Sebaliknya, saat makan es krim cokelat, sebaiknya gunakan wadah berwarna cerah seperti putih atau kuning. "Semakin tinggi kontrasnya, semakin kecil porsi makanan yang akan Anda ingin konsumsi," imbuhnya.

Baca juga: Kelelahan? Lupakan Kopi, Ganti dengan Naik Turun Tangga (ajg/vit)