Sabtu, 13 Mei 2017 09:00 WIB

Mau Ngemil Usai Sarapan Tapi Takut Gemuk? Ini 4 Pilihan 'Amannya'

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Ilustrasimencari camilan/ iStock Foto: Ilustrasimencari camilan/ iStock
Jakarta - Sudah sarapan, tapi kok lapar lagi dan masih mau ngemil ya? Nah, agar berat badan tetap terjaga dan tak diam-diam naik, pilihan camilan yang tepat pun jadi penting.

"Jeda waktu antara sarapan dan makan siang biasanya sering membuat lapar datang lagi. Membiarkan perut tetap kosong sebaiknya tak dilakukan karena bisa membuat Anda kalap saat makan siang," tutur nutrisionis sekaligus penulis dari 'Small Change Diet', Keri Gans, RD, seperti dikutip dari Women's Health Mag.

Maka dari itu, Anda pun lebih dianjurkan untuk ngemil dengan pilihan camilan yang padat nutrisi. Ini supaya Anda tetap kenyang, namun tanpa mengonsumsi kalori yang berlebihan. Disampaikan oleh nutrisionis lainnya, Jessica Swift, RD, idealnya camilan ini tidak lebih dari 200 kalori. Swift dan Gans pun menuturkan daftar 4 camilan pagi hari yang bisa membantu Anda tetap kenyang hingga waktunya makan siang:

Baca juga: Kandungan Gula Alami Pada Buah Juga Bisa Picu Diabetes dan Bikin Gemuk?

1. Granola bar

Granola bar memiliki nutrisi yang cukup padat dan umumnya rendah kalori. Meski demikian, Anda tetap tak dianjurkan untuk mengonsumsinya terlalu banyak. Menurut Gans, ada beberapa jenis bar yang memiliki kandungan gula tinggi, sehingga tetap tak dianjurkan untuk mengonsumsinya terlalu banyak.

2. Keju dan potongan apel

Keju disebutkan oleh Gans juga bisa menjadi camilan yang mengenyangkan tanpa kalori berlebih. Untuk mengurangi rasa asinnya, Anda bisa juga mengonsumsi beberapa potong apel untuk menambah asupan serat.

3. Stroberi dan yoghurt

Salah satu asupan lain yang diyakini dapat membantu membuat kenyang di pagi hari yakni yoghurt jenis Greek dan secangkir stroberi. "Asupan ini mengandung protein yang cukup. Sementara itu, stroberi akan memberikan Anda tambahan serat," imbuh Gans.

4. Telus rebus dan jeruk

Telur rebus merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik bagi Anda. Kandungan lemak yang dimilikinya juga tak berlebihan. Gans menuturkan, Anda bisa mengonsumsi buah jeruk juga setelahnya untuk mendapatkan asupan serat.

Baca juga: Tak Cuma Bikin Langsing, Ini Manfaat Plus Rutin Makan Sayur Hijau

(ajg/vit)