Rabu, 05 Jul 2017 16:51 WIB

Jadi Langsing Hanya dengan Minum Teh Hijau, Mungkinkah?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Siobhan Thornton (23) mengklaim berat badannya turun hingga 50 kg hanya dengan minum teh hijau tanpa olahraga. Hmm, mungkinkah hal itu bisa terjadi?

Dikutip dari Daily Mail, Thornton mengungkapkan berat badannya terus meningkat semenjak ia melahirkan anak pertamanya. Saat itu, bobotnya bahkan mencapai 108 kg. Ia tidak makan apa-apa selain junk food, ngemil cokelat dan jarang bergerak ke luar rumah.

Setelah mencari tahu informasi, ia memutuskan untuk minum teh hijau setiap hari. Ajaibnya, Thornton mengaku berat badannya turun hingga 50 kg tanpa olahraga!

Baca juga: Wanita Ini Klaim Berat Badannya Turun 50 Kg Hanya dengan Minum Teh Hijau

Teh hijau memang kerap menjadi salah satu minuman pilihan orang yang sedang ingin menurunkan berat badan. Selain rendah kalori, teh hijau juga diyakini dapat membantu membakar lemak.

Times of India menuliskan bahwa dalam sebuah studi di Journal of the American College of Nutrition, partisipan yang minum 4 cangkir teh hijau tiap hari selama dua bulan rata-rata turun bobot sebanyak 2,7 kg dibanding mereka yang hanya minum air putih.

Sementara itu, di tahun 2013, analisis dari European Journal of Nutrition menemukan bahwa orang yang minum teh hijau secara rutin memiliki berat badan yang lebih rendah, lingkar pinggang lebih kecil, dan merasakan lebih banyak manfaat lain dari mengonsumsi teh hijau.

Namun demikian, konsumsi teh hijau tetap harus dibatasi dan tak dianjurkan diminum berlebihan. Menurut konsultan nutrisi, Mike Roussell, PhD, teh hijau mengandung tannin yang juga bisa mencegah penyerapan zat besi non-heme.

Ini artinya, teh hijau jika dikonsumsi secara berlebihan akan memicu pelepasan antioksidan lain ke dalam tubuh, yang bisa mencegah tubuh menyerap zat besi dari tumbuhan maupun sumber yang diperkaya lainnya seperti kacang-kacangan, telur dan susu.

Selain itu, untuk menurunkan berat badan secara sehat Anda juga dianjurkan untuk menyeimbangkan pola makan sehat dengan olahraga. Ini supaya berat badan yang turun tak 'mengorbankan' kerja sistem pencernaan dan seimbang dengan kalori yang dibakar tubuh.

Baca juga: Asupan Tinggi Protein Seperti Ini Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama


(ajg/up)