Jumat, 05 Jan 2018 13:30 WIB

Ingin Kulit Mulus dan Cerah di Tahun 2018? Rutin Konsumsi Buah-buahan Ini

Suherni Sulaeman - detikHealth
Buah-buahan berkhasiat untuk kesehatan dan mencerahkan kulit/Foto: Thinkstock Buah-buahan berkhasiat untuk kesehatan dan mencerahkan kulit/Foto: Thinkstock
Jakarta - Buah dianggap sebagai sumber makanan yang sehat karena kaya serat dan vitamin. Produsen produk kecantikan pun menyisipkan ekstrak buah sebagai komponen penting di dalamnya. Nutrisi alami dari buah-buahan segar berguna untuk merawat kesehatan kulit.

Berikut adalah 10 buah segar yang ampuh merawat kecantikan kulit Anda, seperti dilansir dari Women's Weekly.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kulit Anda Membutuhkan Masker Wajah

1. Stroberi

Stroberi mengandung asam ellagic yang benar-benar dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit dan mencegah terbentuknya keriput. Stroberi juga memberi banyak antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi dari buah ini juga membantu diet Anda lho.

2. Nanas

Nanas mengandung bromelain, enzim yang dapat membantu mengurangi peradangan pada bagian-bagian tubuh. Nanas juga mengandung banyak air, nutrisi dan mineral yang membantu melembabkan kulit dari dalam.

3. Pepaya

Berkat seratnya yang tinggi, pepaya membantu membersihkan toksin dan sangat bagus untuk sistem pencernaan Anda. Beta karoten dan enzim papain yang ditemukan di pepaya juga membantu mempercepat regenerasi sel.

4. Plum

Selain sebagai pencahar alami, plum mengandung banyak serat, diduga empat kali lebih banyak dari buah apel. Sehingga secara alami toksin akan tersingkirkan dari tubuh. Dengan racun yang lebih rendah, tubuh Anda tentu tidak sering muncul jerawat atau noda lainnya.

5. Kiwi

Dikemas dengan vitamin dan mineral, buah kiwi tidak hanya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, tapi juga bagus untuk kulit Anda. Asam askorbat pada buah kiwi membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Baca juga: Wahai Cowok-cowok Berewok, Ini Saran Dokter Soal Kesehatan Kulit Wajah

6. Alpukat

Vitamin E yang ditemukan di buah ini dikatakan mampu melindungi kulit dengan melembabkannya dari dalam ke luar dan meningkatkan regenerasi sel sehingga Anda akan selalu memiliki kulit yang bercahaya.

7. Pisang

Pisang tidak hanya membuat Anda kenyang saat diet, tapi juga bagus untuk kulit. Diisi dengan potasium, ia menghidrasi kulit Anda dari dalam dan juga mencegah keriput terbentuk.

8. Buah naga

Menurut penelitian, buah naga membantu mendorong flora usus sehat sehingga saluran pencernaan Anda tetap sehat. Buah naga mengandung banyak antioksidan yang membantu melawan radikal bebas sehingga kulit Anda tetap kencang dan kenyal.

9. Mangga

Selain menurunkan kolesterol jahat, mangga sangat bagus untuk kulit Anda. Ada banyak vitamin dan mineral, serta kandungan air yang tinggi. Bahkan buah ini ditengarai bisa digunakan sebagai masker untuk kulit.

10. Jeruk

Jeruk mengandung begitu banyak mengandung serat, air dan vitamin C, yang semuanya sangat bagus untuk kulit.

Baca juga: Mengembalikan Kulit yang Menghitam Akibat Paparan Matahari (hrn/up)
News Feed