Senin, 15 Jan 2018 19:40 WIB

Makan Steak Saat Sedang Diet? Boleh Kok, Begini Aturannya

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Makan steak saat diet? Boleh kok. (Foto: Hakim Ghani/dok. detikFood) Makan steak saat diet? Boleh kok. (Foto: Hakim Ghani/dok. detikFood)
Jakarta - Menjalani program diet penurunan berat badan tak harus dilakukan dengan tersiksa. Dengan sedikit modifikasi, makanan favorit Anda tetap bisa disantap meskipun sedang menjalani program diet.

Steak misalnya, dianggap sebagai makanan yang dilarang saat diet karena mengandung banyak lemak. Padahal berdasarkan buku The Steak Lover's Diet yang ditulis oleh Dr Melvin Anchell, steak tetap boleh dimakan dengan catatan konsumsi karbohidrat saat makan dikurangi.

"Dengan menjalankan steak lover's diet, Anda bisa makan 2 hingga 3 kali dalam sehari, dengan menu daging pilihan Anda, asalkan tidak mengandung banyak karbohidrat," tulis Anchell, dikutip dari Livestrong.

Baca juga: Sedang Diet Tapi Tetap Ingin Makan Enak? Coba 5 Tips Ini

Anchell menuliskan bahwa sedikit karbohidrat masih dibolehkan dalam satu porsi makan yang berasal dari kentang, ubi atau pisang.

Konsumsi minuman manis sangat dilarang, namun kopi dan teh tanpa pemanis masih diperbolehkan.

Snack buah-buahan pun terbatas, Anda hanya dibolehkan makan 3/4 cup bluberi, anggur, atau satu potong semangka untuk satu kali jam makan.

Penggunaan mentega, minyak goreng, mayonnaise, saus dan mustard masih dibolehkan dengan catatan tidak ada tambahan gula.

Anchell mengatakan mereka yang menjalankan diet ini mengaku tidak lagi mengalami craving terhadap steak dan daging merah. Rata-rata berat badan yang berhasil dihilangkan dalam sebulan pun cukup besar, yakni 3,6 kilogram dalam sebulan.

Sayangnya, mereka yang melakukan diet ini tidak dibolehkan mengganti daging sebagai sumber protein dengan telur dan kacang-kacangan. Sehingga biaya yang dikeluarkan cukup besar, mengingat tingginya harga daging sapi.

Bagaimana dengan Anda, tertarik mencoba diet ini?

Baca juga: Asupan Tinggi Protein Seperti Ini Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama (mrs/fds)