Jumat, 02 Feb 2018 08:34 WIB

Percaya Nggak Percaya, 5 Hal Tak Terduga Ini Bisa Bakar Kalori

Widiya Wiyanti - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Berbagai olahraga dilakukan banyak orang demi membakar kalori agar berat badan bisa turun. Kalori yang dibakar dengan bersepeda sekitar 700-952 kalori per jam, sedangkan berenang bisa bakar 680 kalori per jam.

Tetapi banyak pula yang malas untuk berolahraga tapi ingin kalori di tubuhnya terbakar. Dilansir dari The List, ternyata ada hal tak terduga yang bisa kita lakukan selain olahraga untuk membakar kalori.

1. Menggerakkan jari kaki dan tangan

Ketika sedang duduk, cobalah untuk menggerak-gerakkan jari-jari tangan dan kaki. Pergerakkan seperti itu ternyata bisa membakar kalori walaupun tidak sebesar seperti jongging. Tapi jika dilakukan dengan sering bisa membakar kalori yang cukup banyak lho.

Baca juga: Bakar Kalori Tanpa Olahraga? Bisa, Begini Caranya

2. Menangis

Ada yang memiliki sifat cengeng atau mudah menangis? Tak apa, menangis ternyata memiliki manfaat untuk membakar kalori. Terlepas dari bagaimana cara menangis, tangisan diperkirakan membakar kalori sekitar 1,3 kalori per menit.

3. Tertawa

Sama halnya dengan menangis, tertawa menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan mengirimkan lebih banyak darah ke seluruh tubuh. Penelitian oleh Vanderbilt University Medical Center mengungkapkan bahwa tertawa selama 10-15 menit bisa membakar hingga 40 kalori.

4. Seks

Olahraga di ranjang ternyata bisa membakar kalori sebanyak seperti olahraga di luar ruangan. Ya, berhubungan seksual bisa membakar rata-rata 100 kalori pada pria, sedangkan pada wanita sekitar 69 kalori. Semakin lama waktu yang dihabiskan untuk hubungan seksual, maka semakin banyak kalori yang terbakar.

5. Belanja

Pernah bertanya mengapa tubuh sangat lelah setelah berbelanja? Ini menandakan bahwa ada kalori yang terbakar saat belanja. Menurut Departemen Nutrisi Universitas Hawaii, berjalan saat belanja dapat membakar 200 kalori per jam. Belanja bisa buat bahagia sekaligus berat badan turun.

Baca juga: Pekerjaan Rumah Tangga, Samakah Efeknya dengan Olahraga? Ini Kata Dokter (wdw/up)
News Feed