Jumat, 02 Feb 2018 16:02 WIB

10 Camilan Sore yang Baik Bagi Kesehatan Otak Anda

Suherni Sulaeman - detikHealth
Makanan yang baik untuk kesehatan otak/Foto: thinkstock Makanan yang baik untuk kesehatan otak/Foto: thinkstock
Jakarta - Mengonsumsi makanan yang kaya gizi menjadi salah satu cara demi menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat. Banyak sekali makanan bergizi yang bisa dikonsumsi. Namun, akan lebih baik bila memprioritaskan beberapa makanan ini.

Demi mencegah penurunan kognitif otak dan gangguan kesehatan lainnya yang bisa mempengaruhi otak, coba nikmati 10 makanan ini seperti yang dilansir Women's Weekly berikut:

Baca juga: 5 Kebiasaan Ini Bisa Tingkatkan Daya Ingat Otak

1. Kacang-kacangan

Secangkir kacang-kacangan mengandung 90 persen asupan folat, vitamin yang bertanggung jawab untuk mengatur DNA dan memproduksi neurotransmiter seperti serotin, dopamin, dan norepinephrine, yang mengatur suasana hati.

Selain itu, kacang-kacangan juga merupakan sumber magnesium yang dapat merangsang pertumbuhan otak serta mengendalikan gula darah.

2. Alpukat

Daging dari buah alpukat kaya akan lemak tak jenuh yang sehat yang membantu menurunkan tekanan darah. Tidak hanya itu, buah dengan kulit berwarna hijau ini juga mendukung fungsi kognitif.

3. Yogurt

Mungkin sudah tak heran jika makanan yang difermentasi baik bagi usus. Tapi, mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa makanan kaya probiotik ini juga mendukung fungsi otak. Sebenarnya, bakteri dalam usus menghasilkan dua neurotransmiter penting, yakni serotonin dan dopamin. Tapi ingat, tidak semua yogurt dibuat sama. Sebaiknya pilih yogurt yang plain atau bebas gula.

4. Ikan salmon

Omega-3 yang terkandung pada ikan salmon membantu merangsang sel-sel otak. Selain itu, salmon juga bisa meningkatkan memori dan fokus sehingga Anda bisa menyerap informasi dengan lebih baik. Hebatnya lagi, salmon juga dapat membantu Anda melawan depresi dan kecemasan.

5. Bayam

Makanan favorit tokoh kartun Popeye ini rupanya mengandung vitamin K yang tinggi. Sayuran berdaun hijau gelap tersebut memastikan otak mendapat oksigen dan membantu merangsang sel otak.

6. Kunyit

Bahan bumbu dapur ini mendapat rona kuning khasnya dari kurkumin, bahan anti inflamasi kuat yang mencegah penumpukan plak di otak.

7. Buah bit

Jenis buah berwarna merah tua ini dipenuhi dengan nitrat alami untuk meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan kinerja kognitif.

8. Brokoli

Brokoli punya banyak kolin, nutrisi penting yang bisa meningkatkan fokus, mood, energi, sekaligus meningkatkan daya ingat. Selain itu, sayuran ini juga membantu mencegah penurunan kognitif.

9. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung hydroxytyrosol, sebuah phythonutrient berharga yang mampu melindungi lapisan pembuluh darah dan pasokan oksigen ke otak.

10. Rosemary

Ramuan herbal ini merupakan sumber fitonutrien antioksiden kaya yang membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dengan memfasilitasi aliran darah ke otak.

Baca juga: Konsumsi 4 Makanan Ini untuk Lebih Pertajam Otak (hrn/hrn)
News Feed