Minggu, 04 Feb 2018 06:50 WIB

Bukan Nasi Uduk, Ini 5 Menu Sarapan yang Kaya Nutrisi

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Sarapan sehat kaya nutrisi/Foto: Thinkstock Sarapan sehat kaya nutrisi/Foto: Thinkstock
Jakarta - Apa menu sarapan favorit Anda tiap pagi? Nasi uduk, lontong sayur, hingga bubur ayam adalah beberapa jawaban paling populer.

Tidak ada salahnya mengonsumsi makanan-makanan tersebut, asal porsinya tidak berlebihan dan kandungan gizinya tercukupi. Namun menurut pakar, masih ada beberapa makanan yang manfaat sehatnya jauh lebih besar jika dikonsumsi di pagi hari.

Apa saja? Dikutip dari Healthline, berikut 5 makanan yang baik dikonsumsi di pagi hari:

Baca juga: 7 Tips Memaksimalkan Manfaat Sehat Sereal untuk Sarapan Bergizi

1. Telur rebus

Telur rebus adalah makanan kaya gizi dan enak disantap. Makan telur di pagi hari dapat membuat Anda lebih kenyang, dan menjaga gula darah serta kadar insulin tetap normal.

2. Greek yogurt

Greek yogurt memiliki kandungan probiotik yang cukup tinggi. Selain itu, makanan ini juga membangkitkan hormon-hormon yang membuat kita merasa kenyang.

3. Buah beri

Buah beri seperti bluberi, rasberi, stroberi dan juga blackberi juga enak disantap di pagi hari. Makanan-makanan ini mengandung gula yang sedikit namun kaya akan serat.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, dan tidak mengandung lemak. Konsumsi kacang-kacangan baik untuk kesehatan jantung dan tulang.

5. Oatmeal

Oatmeal bisa jadi alternatif nasi. Tinggi serat dan juga menurunkan kolesterol, oatmeal juga mengandung lemak jenuh yang rendah.

Baca juga: Ingin Perut Buncit Jadi Rata? Ikuti 7 Tips Ini (mrs/up)
News Feed