Senin, 26 Feb 2018 19:35 WIB

Demi Peroleh Manfaat Kesehatan yang Maksimal, Ini Waktu Ideal Makan Apel

Suherni Sulaeman - detikHealth
Manfaatkan nutrisi butuh apel semaksimal mungkin. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Mengonsumsi satu buah apel sehari ditengarai bisa menjaga diri dari berbagai serangan penyakit. Tapi, apakah Anda tahu bahwa buah yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh ini tidak bisa dimakan kapan saja? Ya, buah apel punya waktu tertentu untuk dikonsumsi karena berkaitan dengan kandungan nutrisinya.

Menurut studi, buah apel harus dimakan di pagi hari karena kaya akan serat makanan yang disebut dengan pektin, yaitu serat yang terdapat pada kulit apel. Nah, agar Anda terhindar dari masalah pencernaan, entah disebabkan oleh tidur yang tidak tepat ataupun kebiasaan makan yang salah, sebaiknya konsumsi buah apel di pagi hari tepat setelah bangun tidur. Sebab, mengonsumsi apel di pagi hari bisa merangsang pergerakan usus Anda menjadi lebih baik.

Kemudian, pektin pada buah apel ini juga dapat membantu melindungi asam laktat dan membantu bakteri sehat tumbuh di dalam usus besar sehingga saluran pencernaan menjadi lebih sehat. Di samping itu, pektin pada apel juga dapat bermanfaat mengeliminasi racun dan juga karsinogen, zat yang menyebabkan penyakit kanker.

Baca juga: Ini Manfaat Makan Apel dengan Kulitnya Bagi Kesehatan Otot

Tapi apabila apel dimakan pada malam hari, buah pro-pencernaan ini bisa berbalik menyerang Anda dan membuat fungsi usus aktif di malam hari. Artinya, perut Anda bisa mengeluarkan gas dan membuat Anda merasa tidak nyaman saat tidur. Asam organik pada apel pun dapat meningkatkan asam lambung bahkan menghalangi pergerakan usus Anda.

Itulah sebabnya mengapa apel lebih baik dimakan di pagi hari tepat setelah Anda bangun tidur. Selain di pagi hari, apel juga bisa digunakan sebagai cemilan pada siang hari. Dengan demikian, manfaat kesehatan buah tersebut bisa diperoleh secara maksimal.

Baca juga: Penyakit Jantung Menjauh dengan Makan Satu Buah Apel Setiap Hari (hrn/up)