Selasa, 06 Mar 2018 19:35 WIB

5 Trik Ini Bisa Bikin Badan Cepat Langsing, Cobain Deh!

Suherni Sulaeman - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Baik pria maupun wanita yang memiliki lemak berlebih membuat penampilan jadi tidak ideal. Biasanya bagian tubuh yang paling menonjol tertumpuk lengan adalah bagian perut, paha, dan lengan. Tapi, sayangnya menghilangkan atau membakar lemak tidak semudah yang dibayangkan.

Mungkin hampir semua tahu, untuk membakar lemak lebih banyak adalah dengan cara beraktivitas fisik atau berolahraga dan mengurangi asupan makan. Tapi ada cara-cara yang terlupakan tapi efektif membakar lebih banyak lemak. Apa saja itu? Yuk simak penjelasan berikut ini seperti dikutip dari Shape:

Baca juga: Ini Dia 6 Jenis Kacang yang Bagus untuk Diet Turunkan Berat Badan

1. Stop makan di jam 2 siang

Sebagian besar dari kita makan dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam. Namun sebuah penelitian yang dipresentasikan pada The Obesity Society Annual Meeting 2016 menunjukkan bahwa mengakhiri makan pada pukul 2 siang dapat mengurangi rasa lapar serta membantu tubuh membakar lebih banyak lemak di malam hari.

2. Sedikit stres

Memiliki kelebihan kalori bisa menyebabkan tubuh menumpuk lemak putih. Di sisi lain, lemak coklat, lemak alami lainnya yang lebih sering terjadi pada orang dengan indeks massa tubuh rendah, membantu membakar energi untuk menciptakan panas tubuh. Menurut sebuah laporan dalam Experimental Physiology, stres dapat merangsang aktivitas lemak coklat lebih banyak. Jadi ingat bahwa tidak semua stres itu buruk.

3. Minum teh hijau

Sebuah penelitian di AS mengungkapkan bahwa minum teh hijau sebelum olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama latihan dan membantu tubuh mengubah lemak menjadi energi.

Teh hijau dipercaya dapat membuat tubuh langsingTeh hijau dipercaya dapat membuat tubuh langsing Foto: iStock
Baca juga: Menurut Ilmuwan Minum Teh Hitam Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

4. Minum susu kedelai

Pasca latihan, susu dapat membantu membakar lemak dua kali lebih banyak dibandingkan dengan minuman karbohidrat seperti minuman olahraga. Menurut studi yang didukung oleh hibah dari Canadian Institute for Health Penelitian dan Dewan Susu Nasional AS. Minum minuman kedelai sama sekali tidak memiliki lemak sama sekali. Selain itu, dari minuman tersebut, minum susu kedelai diduga menghasilkan otot paling banyak.

5. Konsumsi minyak ikan

Lemak dari minyak ikan tidak hanya mencegah akumulasi lemak yang tidak sehat di tubuh. Penelitian yang diterbitkan di Scientific Reports menunjukkan bahwa minyak ikan mendorong sel penyimpanan lemak untuk membakar lemak demi energi.

Baca juga: 6 Snack Sehat yang Boleh Kamu Makan Saat Diet (hrn/up)