Minggu, 11 Mar 2018 09:10 WIB

6 Manfaat Sehat Telur untuk Sarapan Pagi Ini

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Telur mengandung protein yang cukup tinggi. Foto: ilustrasi/thinkstock Telur mengandung protein yang cukup tinggi. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Telur tergolong bahan makanan yang murah dan mudah didapat. Meski begitu, manfaat sehat telur cukup banyak.

Telur mengandung protein yang cukup tinggi. Selain itu, variasi menu masakan dengan telur cukup banyak sehingga tidak membosankan.

Sayangnya, manfaat telur sering tertutupi oleh mitos yang beredar, misalnya soal telur penyebab bisul hingga telur adalah sumber kolesterol jahat.
Padahal manfaat telur untuk sarapan dari sisi kesehatan cukup banyak. Jules Nancy, pakar diet dan gizi, menuliskan 6 manfaat sehat telur untuk sarapan pagi ini, seperti dirangkum dari Lifehack:

1. Bikin kenyang lebih lama

Kandungan lemak dan protein pada telur membuat kita kenyang lebih lama hingga makan siang. Dengan begitu, rasa lapar dan keinginan makan snack pagi hari pun hilang.

2. Bantu turunkan bobot

Penelitian yang diterbitkan di International Journal of Obesity menyebut konsumsi 2 telur saat sarapan dapat membantu menurunkan berat badan hingga 65 persen.

3. Kaya protein

Kandungan protein pada telur lebih besar daripada protein nabati pada roti whole grains dan oatmeal.

Sarapan dengan telur kaya manfaat kesehatanSarapan dengan telur kaya manfaat kesehatan Foto: ilustrasi/thinkstock

4. Murah

Sederhana, harga telur cukup murah dan mudah didapat. Anda bisa sehat tanpa harus mengeluarkan uang banyak.

5. Jaga kesehatan otak

Choline, salah satu nutrisi yang ada di dalam telur, telah dibuktikan penelitian mampu meningkatkan fungsi memori pada otak, sekaligus menjaga kesehatan otak dari penurunan fungsi kognitif.

Menu telur juga mudah diolah sehingga tidak membosankanMenu telur juga mudah diolah sehingga tidak membosankan Foto: ilustrasi/thinkstock

6. Baik untuk mata

Dua antioksidan yang ada pada telur, leutin dan zeaxanthin, disebut dapat menjaga kesehatan mata dari paparan sinar ultraviolet. Dua zat ini juga diketahui mampu menurunkan risiko katarak saat tua.

(mrs/up)
News Feed