Selasa, 27 Mar 2018 09:30 WIB

Catat! Daftar Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi di Musim Hujan

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Hujan yang mengguyur beberapa hari terakhir bisa membuat kamu rentan terinfeksi penyakit.  Foto: thinkstock Hujan yang mengguyur beberapa hari terakhir bisa membuat kamu rentan terinfeksi penyakit. Foto: thinkstock
Jakarta - Hujan yang mengguyur beberapa hari terakhir bisa membuat kamu rentan terinfeksi penyakit. Nah, makanan-makanan ini bisa membantu menjaga sistem imun tetap optimal.

Selesma atau batuk-pilek sangat mudah menular di musim hujan. Musim hujan juga meningkatkan risiko terjadinya diare dan disentri karena air dari saluran air yang meluap.

Untuk mencegah penyakit infeksi, tentunya kamu harus menjaga daya tahan tubuh dan sistem imun. Dirangkum dari Healthline, makanan-makanan ini baik untuk menjaga sistem imun:


1. Brokoli

Brokoli sangat kaya kandungan vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, C, E serta antioksidan. Brokoli juga kaya serat, membuatnya dinobatkan sebagai salah satu sayuran paling bergizi.

2. Bawang putih

Bawang putih lazim digunakan sebagai bumbu masakan. Manfaat sehat bawang putih antara lain mencegah infeksi penyakit, menurunkan tekanan darah, serta mencegah terjadinya pengerasan pembuluh darah.

Bayam tinggi serat dan vitamin CBayam tinggi serat dan vitamin C Foto: detikFood/iStock

3. Bayam

Tidak hanya kaya vitamin C, bayam juga kaya antioksidan dan beta-karoten. Kaya serat, bayam mudah dimasak sehingga cocok untuk menu keluarga,

4. Pepaya

Tahukah kamu bahwa pepaya memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi? Satu buah pepaya bisa mencukupi kebutuhan vitamin C harian hingga 224 persen. Selain itu, pepaya juga mengandung papain yang baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna.

Pepaya dan kiwi, buah yang baik untuk daya tahan tubuhPepaya dan kiwi, buah yang baik untuk daya tahan tubuh Foto: ilustrasi/thinkstock

5. Kiwi

Selain pepaya, kiwi adalah buah lain yang punya segudang kandungan bergizi, di antaranya adalah asam folat, potasium, vitamin K, dan tentunya vitamin C.

(mrs/up)