Minggu, 06 Mei 2018 18:07 WIB

Ingin Kurus Lebih Cepat? Gampang, Kuncinya Kompak dengan Pasangan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Mau sukses menurunkan berat badan, harus bisa kompak dulu dengan pasangan (Foto: thinkstock) Mau sukses menurunkan berat badan, harus bisa kompak dulu dengan pasangan (Foto: thinkstock)
Jakarta - Merasa sulit sekali menurunkan berat badan? Boleh dicoba, sebuah penelitian membuktikan diet dan olahraga bareng pasangan bisa mempercepat kurus.

Penelitian yang dilakukan oleh Taylor and Francis Group ini membuktikan adanya berbagai tipe lingkungan relasional yang menentukan keberhasilan program menurunkan berat badan. Sebanyak 389 partisipan dilibatkan dalam penelitian ini.

Salah satu tipe yang diteliti adalah tipe 'synchronised' yakni ketika pasangan menjalankan program diet dan olahraganya sebagai tim. Mereka saling mengingatkan, saling menyemangati.

Tipe lainnya yang juga diteliti adalah tipe 'lone battlers' yakni ketika masing-masing pasangan menjalankan programnya secara individual. Pada tipe ini, keberhasilan program terbukti lebih rendah dibandingkan tipe yang sebelumnya.



Pakar komunikasi interpersonal Rene Dailey menyebut perbedaan lingkungan relasional menciptakan pola hubungan yang berbeda pula. Ia mencontohkan ketika salah satu pasangan ingin fokus pada diet, sedangkan pasangannya ingin fokus ke olahraga.

"Seseorang yang ingin fokus ke diet tapi pasangannya fokus ke olahraga, akan memandang saran pasangan untuk jalan kaki sebagai mengganggu dan tidak membantu," jelasnya, dikutip dari Science Daily.

Dalam keseharian, ada banyak contoh pasangan yang sama-sama punya komitmen untuk diet dan olahraga. Bukan cuma untuk menurunkan berat badan, melainkan sebagai gaya hidup. Di antaranya adalah pasangan selebriti Hamish Daud dan Raisa Andriana.

(up/up)
News Feed