Kamis, 17 Mei 2018 13:59 WIB

Enggak Doyan Sayur? Setidaknya Konsumsi Sayur yang Satu Ini Deh

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Enggak doyan makan sayur? sebaiknya konsumsi brokoli. Foto: Thinkstock Enggak doyan makan sayur? sebaiknya konsumsi brokoli. Foto: Thinkstock
Jakarta - Menurut data Riset Kesehatan Dasar 2013 sebanyak 93,5% penduduk berusia di atas 10 tahun masuk kategori kurang makan buah dan sayur. Ditemui detikHealth beberapa waktu lalu, Dr Fiastuti Witjaksono, SpGK, mengatakan hal yang serupa.

"Di indonesia kita hanya mengonsumsi 2,5 porsi sayur per harinya, bahkan negara yang baru merdeka lebih tinggi konsumsinya dibanding kita," tuturnya.

Hmm padahal kan sayur dan buah adalah salah satu sumber serat yang akan membantu pencernaan seseorang ya. Namun tahu tidak, Dr Rangan Chatterjee, penulis 'The Four Pillar Plan' menyebutkan ada satu sayur yang setidaknya harus dikonsumsi oleh orang-orang (terutama yang enggak suka sayur). Apa hayo?



"Brokoli adalah penyelamat nyawa," tulisnya seperti dikutip dari Body+Soul.

Dr Chatterjee mengklaim bahwa sayuran hijau yang satu ini dapat meningkatkan bakteri usus manusia sehingga membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan usus.

Brokoli termasuk keluarga sayuran cruciferous, selain kale, kembang kol, kecambah brussels, bok choy, kubis, dan lobak. Bahkan, tahu tidak, makan sayuran cruciferous dalam jumlah yang tinggi telah dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih rendah terutama kanker paru-paru dan usus besar.

Penelitian menunjukkan bahwa sulforaphane yang dikandung oleh keluarga cruciferous dapat menghambat enzim histone deacetylase (HDAC), yang diketahui terlibat dalam perkembangan sel kanker.

Di samping itu, cukup dengan satu cangkir brokoli cincang sudah menyediakan 92 mikrogram vitamin K yang mana lebih dari 100 persen kebutuhan harian. Mengkonsumsi jumlah vitamin K yang cukup meningkatkan kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium urin.

Tuh, enggak ada alasan deh untuk tidak mengonsumsi sayuran yang satu ini. Ayo hidup lebih sehat mulai sekarang.

(ask/up)
News Feed