Selasa, 22 Mei 2018 09:13 WIB

Hindari Makanan Ini Agar Tidak Gampang Dehidrasi

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Ternyata pemicu dehidrasi bukan hanya kurang minum lho. Mau tahu apa saja yang memicu dehidrasi terlebih saat puasa? Foto: ilustrasi/thinkstock Ternyata pemicu dehidrasi bukan hanya kurang minum lho. Mau tahu apa saja yang memicu dehidrasi terlebih saat puasa? Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Kekurangan cairan mungkin menjadi salah satu penyebab tubuh mengalami dehidrasi. Selain itu ada beberapa makanan atau minuman yang juga memicu datangnya dehidrasi.

"Zat makanan yang dapat memperparah status hidrasi jika hanya dikonsumsi terlalu banyak antara lain kafein," kata dr Alvin Wiharja, seoang residen dokter Program Studi Ilmu Kedokteran Olahraga (PS IKO)-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Menurut dr Alvin, kafein bersifat diuretik yang artinya meluruhkan kencing. Ia tidak melarang konsumsi kopi, tetapi menyarankan untuk tidak berlebihan. Cukup satu gelas saat sahur misalnya.



Asupan lain yang perlu dihindari untuk mencegah hidrasi adalah keripik dan goreng-gorengan. Sayur dan buah, terutama yang banyak mengandung air, lebih disarankan.

"Sebaiknya tidak konsumsi terlalu banyak gorengan dan makanan yang asin serta keripik-keripik yang kurang kandungan airnya dan memicu haus," kata dr Saptawati Bardosono, SpGK, dokter gizi dari RS Cipto Mangunkusumo.

(up/up)
News Feed