Jumat, 25 Mei 2018 14:35 WIB

Pakar Gizi Sebut Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Saat Berpuasa

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Saat puasa, sahur sama pentingnya dengan berbuka (Foto: thinkstock) Saat puasa, sahur sama pentingnya dengan berbuka (Foto: thinkstock)
Jakarta - Selama sebulan penuh umat Islam menjalankan ibadah puasa. Jika dijalankan dengan cara yang benar, puasa tentunya bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita. Namun tahu tidak, ada salah dua kesalahan yang paling sering dilakukan oleh orang-orang yang tengah berpuasa. Hmm bisa tebak itu apa?

Menurut Prof Dr Ir Ali Khomsan, Guru besar di bidang Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), kesalahan itu terletak dari kebiasaan orang-orang yang terlalu fokus menyiapkan bahan berbuka puasa dibandingkan saat sahur.

"Nah, pola makan yang salah saat puasa adalah saat buka makan sebanyak-banyaknya tapi sahur makan terlalu sedikit," ungkapnya saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

"Karena apa? Karena tidak ada nafsu makan. Untuk bukanya jam 10 pagi saja sudah disiapin kan? Segala macam es, kolak pisang, semuanya disiapkan sehingga menjadi amunisi menjelang tidur. Padahal menjelang tidur kita enggak perlu banyak-banyak amat makan," lanjut Prof Ali.



Kesalahan selanjutnya adalah menunda waktu berbuka menjadi lebih malam. Memang benar untuk berbuka puasa idealnya tidak langsung dengan memakan berat, namun jarak antara berbuka dengan hidangan ringan yang manis dengan makan besar sebaiknya juga tidak terlalu jauh.

"Setelah mengawali dengan yang manis-manis, segera ikuti dengan makan berat sehabis solat magrib, sebab setelah terawih itu jarak ke tidurnya terlalu sedikit. Katakan makan berbuka setengah 9, berangkat tidur jam 10, itu tidak memberikan kesempatan tubuh untuk memproses," jelasnya.

Wah wah wah, mulai besok sudah harus diubah nih!

(ask/up)
News Feed