Kamis, 14 Jun 2018 15:38 WIB

Sedang Diet Karbo? Ini Pilihan Makanan yang Bisa Dikonsumsi

Akfa Nasrulhaq - detikHealth
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Diet karbo atau diet rendah karbohidrat memang menjadi salah satu tren diet yang digemari anak muda. Diet ini mengharuskan seseorang mengeleminasi sejumlah besar karbohidrat dari asupan harian. Bahkan diet karbo diyakini menjadi pilihan diet terbaik bagi penderita diabetes.

Jika sedang dalam program diet karbo, pastikan secara konsisten tidak mengonsumsi asupan karbohidrat. Faktanya, berat badan justru bisa naik kembali dan karbohidrat akan disimpan sebagai lemak jika mengonsumsi karbo.

Walaupun harus mengeleminasi karbo, tubuh tetap membutuhkan nutrisi harian bagi tubuh yang ada pada karbohidrat. Maka solusinya adalah mencari alternatif asupan agar diet berjalan lancar dan tubuh tetap sehat. Adapun pilihan makanan yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nutrisi pada karbohidrat di antaranya konyaku, shirataki, tepung almond, dan tepung kelapa.


Konyaku merupakan salah satu bahan makanan khas Jepang yang memiliki tekstur seperti agar. Konyaku juga merupakan salah satu makanan rendah kalori dan kaya akan serat sehingga mampu melancarkan sistem pencernaan serta menurunkan berat badan.

Selain itu, bsa juga mengonsumsi shirataki, mi dari Jepang yang dikenal rendah kalori dan karbohidrat. Mi berwarna bening agak keputihan ini umumnya dipakai sebagai campuran sukiyaki.

Shirataki yang dibuat dari ubi konjac ini rendah karbohidrat, bebas gluten, dan rendah kalori. Maka diyakini sangat baik untuk menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan. Seratnya akan membantu penyerapan makanan sekaligus memberi rasa kenyang lebih lama.

Shirataki juga mengandung jenis serat glucamonan juga mengandung prebiotik yang merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. 97% mi ini mengandung air dan per satu porsi (112 gram) hanya mengandung 20 kalori dan 2 gram serat.


Sementara jika mengidamkan makanan yang manis, asupan gula bisa diganti dengan Diabetasol Sweetener karena mengandung 0 kalori dan bisa menjaga kadar gula darah. Jadi program diet pun tetap aman meskipun mengonsumsi makanan dan minuman dengan rasa manis. (idr/idr)
News Feed