Sabtu, 16 Jun 2018 08:04 WIB

Perut 'Berontak' karena Makanan Bersantan, Studi Sebut Mangga Obatnya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Gurihnya opor ayam sangat menggoda, tapi santannya penuh dosa (Foto: iStock) Gurihnya opor ayam sangat menggoda, tapi santannya penuh 'dosa' (Foto: iStock)
Jakarta - Hari Raya Idul Fitri belum lengkap bila tak ada sajian seperti rendang dan opor ayam. Makanan bersantan itu sangat nikmat dimakan saat berkumpul bersama dengan keluarga.

Namun biasanya makanan bersantan identik dengan membuat masalah pada perut dan sistem pencernaan lainnya. Mulai dari sakit perut, konstipasi, hingga mengalami diare.

Nah, sebuah penelitian menemukan suatu buah yang bisa membantu menawarkan masalah yang terjadi di sistem pencernaan kita. Buah apakah itu? Jawabannya adalah mangga.



Dikutip dari DailyMail, mangga adalah salah satu buah yang berserar tinggi. Mangga juga mengandung nutrisi penting yang disebut polifenol, suatu nutrisi yang dapat mengobati konstipasi dan peradangan usus.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa satu dari lima orang dewasa mengalami masalah pencernaan jangka panjang. Penelitian itu melibatkan 36 pria dan wanita dengan konstipasi kronis dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok diberi 300 miligram mangga setiap hari, sedangkan kelompok lainnya diberikan suplemen mengandung serat yang setara dengan satu buah mangga.

Pada akhir bulan, kedua kelompok menunjukkan konstipasi yang mulai berkurang. Namun buah mangga lebih efektif mengurangi gejala dibandingkan yang hanya mengonsumsi suplemen serat saja.

"Temuan kami menunjukkan bahwa mangga menawarkan keunggulan dibandingkan suplemen serat," kata penulis kedua, Profesor Susanne Mertens-Talcott, dari Texas A & M University.

(wdw/up)
News Feed