Jumat, 29 Jun 2018 07:20 WIB

Makannya Banyak, Berapa Sih Asupan Kalori Harian Pesepakbola?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Untuk menjaga kebugaran tubuh, para pesepakbola harus memenuhi asupan nutrisi dan kalori selama sehari cukup banyak. Disebut-sebut bahkan mereka makan siang dua kali dalam sehari, lho.

Dengan makan banyak, diharapkan nutrisi dan kalori yang masuk dapat memulihkan tubuh kembali seperti semula. Nah, berapa sih kira-kira asupan kalori yang dibutuhkan oleh pesepakbola dalam sehari?

Pada orang awam, disarankan untuk mengasup 2.000-3.000 kalori per hari sesuai dengan tingkat aktivitas kita. Spesialis olahraga, dr Michael Triangto, SpKO menyebut amannya tiap hari kita disarankan memenuhi 2.500 kalori.

Sementara untuk para atlet secara umum, disarankan untuk mengasup 4.000 kalori per harinya. Bahkan untuk cabang-cabang olahraga tertentu bisa lebih dari nominal tersebut.


Untuk atlet seperti pesepakbola kurang lebih juga disarankan kalori dengan jumlah yang sama. Namun karena bagi mereka tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat untuk menjaga berat badan, maka biasanya disiasati menggantinya dengan protein dan lemak yang cukup.

"Lemak juga kita butuhkan, jangan salah ada juga lemak baik, lho. Protein juga kita butuhkan untuk perbaikan dan membangun sel-sel kita. Masyarakat kita banyak yang tidak mampu mengatur kecukupan itu," kata dr Michael kepada detikHealth.

Protein bisa didapatkan melalui ayam atau ikan-ikanan, sementara lemak bisa didapatkan dari minyak zaitun atau keju. dr Michael mengingatkan bahwa semuanya harus dalam porsi seimbang, baik atlet maupun tidak, dan tentu saja tidak berlebihan.



(frp/up)
News Feed