Selasa, 03 Jul 2018 19:30 WIB

Bincang Sehat

Sering Jadikan Ngemil Sebagai Pelarian Stres? Cegah dengan Cara Ini

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: 20Detik Foto: 20Detik
Jakarta - Apakah kamu termasuk orang yang sering menjadikan makan atau ngemil sebagai pelarian saat stres? Perlu kamu ketahui bahwa kebiasaan tersebut adalah kebiasaan buruk yang bisa mengantarmu terkena beberapa penyakit, lho.

"Memang bagi sebagian orang, makanan itu jadi pelarian misalnya karena stres atau problem, kalo lari ke makan rasanya nyaman gitu. Tapi memang itu ternyata kebiasaan buruk yang bikin kita gampang gemuk," ungkap dr Handy Wing, SpB, FBMS, FICS dari OMNI Hospitals Alam Sutera, Tangerang kepada detikHealth.

Risiko pertama yang akan dialami orang yang hobi ngemil sebagai pelarian adalah badan menjadi gemuk. Jika tak segera dihentikan, akan menjadi obesitas yang berisiko tinggi terkena penyakit-penyakit kronis, seperti sakit jantung, diabetes, atau stroke.


Memang untuk kebanyakan orang susah untuk menghentikan dari kebiasaan ngemil. Tetapi dr Handy punya solusi simpel yang bisa kamu ikuti untuk mencegahmu dari risiko kegemukan dan terkena penyakit kronis.

"Solusinya yang pertama alihkan perhatian diri kita sendiri dari makanan-makanan itu. Usahakan cari kesibukan seperti jalan, olahraga. Jadi ketika diri kita sedang kosong atau sepi nggak larinya ke makanan," tutur dr Handy.

Kemudian, dr Handy menganjurkan untuk tidak menaruh makanan di kamar tidur. "Jadi kalau mau makan ya harus ke ruang makan atau ke dapur," pungkasnya.

Simpel kan, Healthy Friends? Simak juga video 20Detik berikut ini untuk temukan solusi lain menghindari kebiasaan ngemil:

[Gambas:Video 20detik]


(frp/fds)
News Feed