Rabu, 04 Jul 2018 07:04 WIB

Ingin Turunkan Lemak Tapi Nggak Mau Berotot? Fokuskan Pada Diet!

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ada orang yang hanya ingin diet menghilangkan lemak tanpa memperbesar otot. (Foto: iStock) Ada orang yang hanya ingin diet menghilangkan lemak tanpa memperbesar otot. (Foto: iStock)
Jakarta - Kadang kita tak ingin badan ikut jadi berotot saat berada dalam program penurunan lemak atau berat badan. Dokter spesialis bedah bariatrik lambung, dr Handy Wing, SpB, FBMS, FICS dari OMNI Hospitals Alam Sutera, Tangerang, mengatakan jika tidak ingin menambah massa otot dalam program penurunan lemak, maka fokuskan saja pada diet.

"Seperti kita ketahui kalau berolahraga seperti angkat beban akan meningkatkan massa otot. Tapi kalau hanya ingin menurunkan lemak saja, kita biasanya memang fokusnya ke diet," kata dokter yang pernah menangani Aria Permana, bocah obesitas asal Karawang ini.



Diet yang dimaksudkan adalah diet yang menjaga pengaturan pola makan, nutrisi dan makanan yang dikonsumsi. Menurut dr Handy, diet yang tepat untuk menurunkan lemak adalah mencari makanan yang rendah lemak, rendah karbohidrat dan tinggi protein.

"Dengan asupan makanan rendah lemak, maka lemak di tubuh kita juga ikut berkurang," imbuh dia.

Akan tetapi jangan terlalu menghindari lemak karena tubuh kita tetap membutuhkan lemak. Bisa siasati lewat makanan yang memiliki lemak baik seperti ikan salmon dan tuna, alpukat dan minyak zaitun.

Selain itu, jangan lupa untuk menurunkan bobot tetap diimbangi dengan olahraga ringan, seperti berlari atau pilates.

Tonton juga video Bincang Sehat 20Detik berikut ini untuk mengetahui cara turunkan lemak tanpa meningkatkan massa otot:

[Gambas:Video 20detik]



(frp/fds)
News Feed
CNN ID World Now
×
World Now
World Now Selengkapnya