Kamis, 05 Jul 2018 16:40 WIB

Diet Sehat ala Pelari Gawang Emilia Nova

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: Grandyos Zafna/detikSport Foto: Grandyos Zafna/detikSport
Jakarta - Kebugaran bagi atlet menjelang pertandingan besar tentu saja sangat penting. Emilia Nova salah satunya. Atlet lari gawang Indonesia ini punya rahasia khusus menjaga kebugaran tubuhnya demi meraih emas pada ajang Asian Games 2018 mendatang.

"Untuk menjaga kebugaran tubuh, biasanya saya makan cuma nggak asal kenyang tapi harus bergizi, misalnya protein, sayuran, buah-buahan, dan karbohidrat," jelas peraih tiga medali emas nomor lari gawang 100 meter pada PON XIX/2016 lalu ini, demikian dikutip dari situs Kementerian Kesehatan RI, Kamis (5/7/2018).

Emil, panggilan akrabnya, biasa mengonsumsi paduan granola dengan susu saat sarapan. Kadang divariasikan dengan sereal, susu, jus buah, roti, selai, nasi, salad, daging dan ikan. Buah-buahan atau puding menjadi dessert favoritnya.


Selain mengonsumsi makanan penuh nutrisi dan gizi, gadis berusia 22 tahun ini juga mengonsumsi vitamin. Tujuannya untuk menjaga daya tahan tubuh dalam rutinitasnya berlatih sembari kuliah.

Ia juga punya kebiasaan sehat dengan membiasakan tidur malam cepat, yakni sekitar pukul 21.00 atau 22.00 WIB. Hal ini ia lakukan sebagai manajemen waktu, karena ia selalu menyempatkan berlatih di pagi hari, satu jam sebelum berangkat kuliah.

Belajar juga ia lakukan di malam hari. Jika tidak ada acara penting, ia akan menggunakan waktunya untuk beristirahat. "Makanya, dari pengalaman tadi, kuncinya istirahat itu penting untuk atlet karena bisa membantu recovery (pemulihan)," tandas Emil.

(frp/up)
News Feed