Jumat, 06 Jul 2018 07:52 WIB

Sudah Terpenuhikah Asupan Vitamin C Harian Kamu? Begini Menghitungnya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kekurangan vitamin C membuat daya tahan tubuh melemah (Foto: shutterstock) Kekurangan vitamin C membuat daya tahan tubuh melemah (Foto: shutterstock)
Jakarta - Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang harus kita konsumsi setiap hari. Karena tubuh sangat memerlukan vitamin ini untuk melindungi sistem kekebalan tubuh dari penyakit.

Bukan hanya itu, vitamin C juga berfungsi untuk mencegah sariawan, panas dalam, dan flu. Vitamin C ini sangat penting untuk tubuh kita.

Dokter spesialis gizi klinik, dr Marya Haryono, SpGK mengatakan bahwa tubuh membutuhkan jumlah vitamin C sebanyak 90 miligram per hari. Sudah tercukupikah bagi tubuhmu?

"Vitamin C badan kita nggak bisa produksi sendiri. Untuk itu diperlukan dari bahan makanan asupan sehari-hari," ujarnya di kawasan Menteng, Jakarta Selatan, Kamis (5/7/2018).


Saksikan juga video 'Kenali Manfaat Berbagai Buah-buahan':




Vitamin C bisa didapat dari sayuran dan buah, seperti lemon, jeruk, tomat, stroberi, dan brokoli. Pada satu buah lemon mengandung 30,7 miligram vitamin C, sedangkan ada 34 miligram di jeruk, dan 40 miligram pada satu buah tomat.

Jadi, untuk memenuhi kebutuhan 90 miligram vitamin C per hari, kita bisa mengonsumsi satu buah lemon, satu buah, jeruk, dan satu buah tomat per hari. Atau bisa didapat dari beberapa jenis sayuran dan buah lainnya.

Namun dr Marya menyayangkan bahwa orang Indonesia dikenal kurang makan buah dan sayur. Hal itu dibuktikan pada Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013.

Jangan sampai tubuhmu kekurangan vitamin C. Yuk konsumsi sayur dan buah setiap hari.

Sudah Terpenuhikah Asupan Vitamin C Harian Kamu? Begini Menghitungnya
(wdw/up)
News Feed