Sabtu, 07 Jul 2018 06:55 WIB

Sarapan Pagi Bisa Cegah Penyakit Jantung

Christantio Utama - detikHealth
Sarapan pagi bisa cegah penyakit jantung/Foto: thinkstock Sarapan pagi bisa cegah penyakit jantung/Foto: thinkstock
Jakarta - Banyak dari kita yang tidak mengonsumsi sarapan karena keterbatasan waktu. Padahal sarapan adalah hal yang penting bagi kita untuk memberikan cukup energi dalam beraktivitas seharian bagi tubuh.

Sebaiknya mulai tinggalkan kebiasaan buruk itu, karena tidak mengonsumsi sarapan memiliki dampak yang lebih jauh untuk diri kita. Berikut penjelasannya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Journal of the American College of Cardiology, orang yang tidak sarapan memiliki resiko terkena serangan jantung lebih tinggi.

"Dari 4.000 orang yang mengikuti penelitian, ditemukan bahwa orang yang tidak sarapan memiliki resiko 2,57 kali lebih besar terkena penyakit jantung karena penyumbatan pembuluh darah. Pola makan yang berlebihan akibat tidak sarapan bisa membuat orang mengalami obesitas dan kolesterol tinggi," ucap salah satu editor Valentin Fuster dari Journal of the American College of Cardiology, dikutip dari NYpost.



Selain bisa mencegah penyakit jantung, orang yang suka menyantap sarapan juga cenderung memiliki gaya hidup yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak sarapan.

"Jika pagi kamu tidak sarapan, setelahnya kemungkinan besar Anda akan ngemil kue di dalam toples dan kue muffin beserta secangkir kopi," kata Natashya Murray ahli nutrisi dari Dietitians Association of Australia.

"Saya lebih memilih menu sarapan yang mudah dan cepat. Walaupun itu hanya sekedar roti panggang dan buah alpukat," katanya.

(up/up)
News Feed