Jumat, 20 Jul 2018 06:14 WIB

Sarapan Masih Asal-asalan? Begini Mengaturnya Biar Nggak Bikin Gemuk

Christantio Utama - detikHealth
Sarapan yang sehat ada aturannya (Foto: thinkstock) Sarapan yang sehat ada aturannya (Foto: thinkstock)
Jakarta - Banyak yang sengaja nggak sarapan karena takut gemuk. Padahal kalau dilakukan dengan pengaturan komposisi menu yang tepat, sarapan sehat justru mencegah perilaku makan berlebihan di siang dan malam harinya.

Persoalannya, seperti apakah pengaturan menu makan yang seimbang itu? Ketika kecil kita mengenal istilah pola makan bernama 4 sehat 5 sempurna. Tapi seiring berjalannya waktu, istilah tersebut sudah berganti menjadi piramida gizi seimbang.

Dokter gizi dr Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK, menjelaskan bahwa gizi seimbang berbentuk seperti piramida yang terdiri dari 4 tingkatan. Yang paling bawah adalah nutrisi yang paling penting.

"Di bagian paling bawah adalah karbohidrat untuk memenuhi energi selama seharian, bisa mengonsumsi nasi, mi, spageti sebanyak 3 sampai 4 porsi. Di atasnya ada sayur dan buah disarankan sebanyak kurang lebih 3 porsi sehari," ucapnya dalam seminar nutrisi sehat di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (19/7/2018).

"Kedua paling atas ada protein, di mana terbagi menjadi 2 yakni protein nabati dan protein hewani. Nabati seperti kacang, tahu, dan tempe. Sedangkan protein hewani bisa berasal dari berbagai macam daging, ikan dan susu. Tidak lupa minum 8 gelas air setiap hari," katanya.



"Yang paling atas adalah garam, gula dan lemak. Batasi penggunaan garam kurang lebih 6 gram setiap hari, gula sekitar 5 sampai 9 sendok makan dan lemak. Lemak sebetulnya baik seperti minyak ikan, zaitun dan dari kacang tapi di Indonesia lebih sering yang tidak sehat seperti kelapa sawit," tandasnya.

Pengaturan porsi makan yang ideal.Pengaturan porsi makan yang ideal. Foto: anonim


Dengan memenuhi kebutuhan gizi seimbang, itu artinya sudah memenuhi nutrisi yang kita butuhkan setiap harinya.

"Mudahnya dalam satu piring idealnya setengah berupa sayur, seperempat berupa protein dan karbohidrat," tutupnya.



Saksikan juga video 'Mau Makan Banyak Tapi Tetap Kurus?':

[Gambas:Video 20detik]

Sarapan Masih Asal-asalan? Begini Mengaturnya Biar Nggak Bikin Gemuk
(up/up)