ADVERTISEMENT

Senin, 30 Jul 2018 13:35 WIB

Idap PCOS, Wanita Ini Berhasil Turun Bobot 32 Kg dengan Air Lemon dan Yoga

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Ankita Srivastava berhasil diet dengan kombinasi lemon dan yoga. Foto: India Times
Jakarta - Mengidap sindrom ovarium polikistik (PCOS) membuat Ankita Srivastava sadar dirinya harus menurunkan berat badan. Sebagai seorang ibu dan fisioterapis, Ankita sadar bahwa komplikasi PCOS dan berat badan berlebih bisa berdampak fatal.

"Aku sering kehabisan napas dan ngos-ngosan setelah jalan sedikit atau naik tangga," ujar Ankita, dikutip dari India Times.



Tak hanya ngos-ngosan, masalah lain seperti nyeri lutut dan kaki juga kerap dialaminya. Ia pun mengonsultasikan masalahnya ke dokter, dan mendapat rekomendasi untuk menjalankan diet.

Ada dua prinsip utama dalam diet yang dilakukannya. Pertama, adalah konsumsi air lemon hangat saat sebelum tidur dan sesudah bangun tidur. Air lemon menjaga tubuhnya tetap terhidrasi sekaligus membantu membakar lemak.

Kedua, adalah rutin melakukan yoga. Yoga menurut Ankita tak sekadar olahrata, tapi juga bermanfaat untuk mengontrol emosi sehingga mengurangi kejadian makan karena lapar mata, sedih, dan galau.

"4 Bulan pertama, aku hanya melakukan yoga di rumah. Setelah itu, aku mengombinasikan yoga, jalan kaki, lompat tali, hingga naik-turun tangga. Aku pergi ke gym hanya untuk latihan kardio," tuturnya lagi.

Upaya Ankita berhasil. Dalam waktu 9 bulan, ia menurunkan bobotnya hingga 32 Kg. Selain diet ketat, olahraga, dan mengatur makan, Ankita juga mengatakan pentingnya peran pasangan.

Ia berterima kasih kepada sang suami yang terus mendukungnya untuk diet dan tak menyerah. Terakhir, Ankita berpesan agar manfaat diet optimal, jam tidur juga harus diatur.

"Tidur dan bangun awal adalah rahasianya. Aku bangun tidur dengan minum air lemon, melakukan yoga, baru beraktivitas," tutupnya.

(mrs/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT