Kamis, 02 Agu 2018 10:30 WIB

Jilatan Anjing Membuat Tangan dan Kaki Pria Ini Harus Diamputasi

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Kathy Homer via ABC
Jakarta - Greg Manteufel (48) dari Wisconsin, Amerika Serikat, memiliki sejarah kesehatan yang baik. Namun pada bulan Juli lalu tiba-tiba saja ia harus dilarikan ke rumah sakit (RS) dengan gejala mirip flu. Hanya yang berbeda terdapat memar di seluruh tubuhnya.

Setelah dirawat selama seminggu penyebab penyakit Greg teridentifikasi yaitu bakteri bernama Capnocytophaga. Diduga kuat bakteri berasal dari jilatan anjing peliharannya.



Saat itu kondisi Greg sudah parah dengan tekanan darah yang turun drastis sehingga diputuskan untuk mengamputasi kedua tangan dan kakinya.

Dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), Capnocytophaga adalah bakteri yang umum terdapat pada anjing dan kucing. Pada hewan, Capnocytophaga tidak menimbulkan penyakit namun dalam beberapa kasus bakteri ini bisa menginfeksi manusia menyebabkan sepsis (keracunan darah).

Pada kasus Greg tangan dan kakinya diamputasi karena infeksi telah menyebar menyebabkan kematian jaringan.

"Seluruh bagian tubuh Greg terpengaruh oleh bakteri dan sepsis... Greg membutuhkan beberapa operasi lagi, waktu yang cukup lama untuk pulih, dan keluarga untuk mendampinginya melalui semua ini," tulis pihak keluarga dalam situs galang dana gofundme.

Spesialis penyakit infeksi dr Silvia Munoz-Price dari Medical College of Wisconsin menyebut kasus keracunan bakteri Capnocytophaga sebagai hal yang langka. "Lebih dari 99 persen orang-orang yang memelihara anjing tidak akan mengalami masalah ini," pungkasnya.



(fds/fds)