Jumat, 21 Sep 2018 08:33 WIB

Penyebab Diet Gagal Menurut Ade Rai dan Tips Mengatasinya

Rosmha Widiyani - detikHealth
Kenapa ya diet gagal melulu? Ini jawaban Ade Rai. Foto: Istimewa Kenapa ya diet gagal melulu? Ini jawaban Ade Rai. Foto: Istimewa
Jakarta - Bagi sebagian orang, menjalankan pola hidup sehat tidak mudah. Perlu usaha dan komitmen untuk rajin olahraga, tidak merokok, serta menyeimbangkan konsumsi buah dan sayur. Belum lagi dana yang dikeluarkan untuk membeli suplemen atau keanggotaan dalam klub olahraga.

Namun hasil yang diperoleh kerap mengecewakan karena berat badan tak kunjung turun. Sebagian mengalami efek yoyo yang balas dendam, karena sebelumnya membatasi jenis asupan.

"Diet berisiko gagal jika memulainya dengan niat yang salah," kata praktisi hidup sehat Ade Rai.



Ade mengatakan, kebanyakan orang mengawali pola hidup sehat dengan ketakutan. Misal olahraga karena takut gemuk, atau menjalani hidup sehat akibat khawatir sakit. Rasa takut menyebabkan olahraga dan seleksi asupan sehat dilakukan dengan terpaksa. Sakit sendiri sebetulnya tak perlu ditakuti, karena mustahil seseorang tidak pernah sakit.

Olahraga serta menyeimbangkan asupan nutrisi seharusnya dilakukan dengan ikhlas. Tanpa keterpaksaan, menjalankan pola hidup sehat terasa lebih mudah dan menyenangkan. Pola hidup sehat yang dijalankan setiap hari perlahan memberi hasil positif, misal penurunan berat badan, kadar gula yang stabil, dan tekanan darah yang tidak terlalu tinggi.

Ade menyarankan pemula pelaku hidup sehat jangan cepat menyerah. Meski perlahan, aktivitas fisik dan kecukupan nutrisi pasti berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Tubuh sehat berisiko lebih kecil mengalami penyakit infeksi dan degeneratif.

(up/up)
News Feed