Jumat, 12 Okt 2018 12:55 WIB

Menu Makan Siang Kamu Ikan Kembung? Ini Kelebihannya Dibanding Salmon

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ikan kembung (Foto: detikfood) Ikan kembung (Foto: detikfood)
Jakarta - Ikan kembung sering dipandang sebelah mata, sebagian orang menganggapnya tidak semewah ikan salmon. Tetapi jangan salah, nutrisi yang terkandung dalam ikan ini ternyata justru lebih tinggi.

"Ikan kembung itu gizinya lebih banyak lho daripada ikan salmon yang selalu kalian beli di resto mahal itu" tutur Direktur Kesehatan Gizi Masyarakat Kemeterian Kesehatan, Ir Doddy Izwardy, MA saat ditemui Kamis, (11/10/2018).

Doddy, sapaannya, menambahkan meskipun sama-sama mengandung omega 3, ikan kembung memiliki kandungan yang lebih tinggi dari ikan salmon. Selain itu untuk zinc dan protein ternyata ikan kembung mengungguli ikan salmon. Kadar kolesterolnya pun lebih rendah dari ikan salmon.



"Nah kecenderungan orang kurang suka makan ikan lokal biasanya karena yang segar susah didapatkan. Maka dari itu Kemenkes mengajak Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk mengatasi ini," tambahnya.

Lebih lanjut, Doddy mengatakan pola konsumsi masyarakat juga harus diubah agar jumlah ikan yang mengalami penyusutan atau terbuang bisa di minimalisir.

"Itulah mengapa pola konsumsi harus diubah. Dari semua produk, ikan itu paling sempurna tapi punya masa yang pendek," tutupnya.






Tonton juga 'Yuk, Bikin Sendiri: Salmon Lava dengan Sambal Roa!':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed