Selasa, 23 Okt 2018 07:01 WIB

Lagi Nggak Sempat Olahraga? Begini Mengatur Diet Biar Badan Nggak Melar

Annissa Widiya Davita - detikHealth
Asupan kalori harus seimbang antara yang dibakar dan dikonsumsi (Foto: Istock) Asupan kalori harus seimbang antara yang dibakar dan dikonsumsi (Foto: Istock)
Jakarta - Diet dan olahraga adalah dua hal yang saling melengkapi. Jika sedang sibuk-sibuknya hingga tak sempat olahraga, pastikan untuk menjaga pola makan yang benar.

Pakar nutrisi Rachel Olsen mengatakan bahwa nutrisi sangat penting dalam menjaga berat badan agar tidak melonjak, saat aktivitas fisik menurun. Prinsipnya adalah asupan kalori harus seimbang antara yang masuk dengan yang dibakar.

"Makanan harus sangat diperhatikan dan dikurangi porsinya," kata Rachel, ditemui detikHealth di Jakarta Selatan baru-baru ini.



Mengurangi porsi makanan, menurut Rachel bukan berarti mengurangi asupan nutrisi. Yang perlu diperhatikan adalah mengatur sumber nutrisi yang tidak mengandung banyak kalori.

"Yang di rekomendasikan Kementerian Kesehatan adalah, dalam satu piring harus ada semua nutrisi kompleks. Seperti ada sayur, karbo, protein dan lain-lain," jelas Rachel.

Simpelnya nih ya, kalau sedang tidak rajin olahraga maka yang harus dikurangi adalah nasi dan sumber karbohidrat lainnya. Perbanyak asupan buah dan sayuran karena banyak nutrisinya, dan seratnya nggak bikin berat badan melonjak.




Saksikan juga video 'Tabata, Olahraga untuk Kamu yang Super Sibuk':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed