Senin, 29 Okt 2018 11:58 WIB

Korsel Akan Larang Mukbang, Apa Benar Bisa Sebabkan Obesitas?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korea Selatan pada pernyataannya memutuskan untuk melarang perilaku mukbang mulai 2019. Mukbang atau muk-bang merupakan sebuah tren di mana seseorang akan makan dengan porsi ekstra dan ditayangkan secara online. Tren ini viral ke beberapa negara termasuk Indonesia.

Keputusan pemerintah Korsel ini dibuat karena menurut mereka mukbang menjadi salah satu pemicu naiknya angka obesitas di negara tersebut. Kepada detikHealth, dr Titi Sekarindah, SpGK, dari Rumah Sakit Pusat Pertamina Kebayoran Baru membenarkan hal tersebut.

"Ya iyalah bikin obesitas. Pasti obesitas lah. Apalagi kalau karbohidrat, itu (makan) mie begitu kan? Karbohidrat itu bisa menaikkan berat badan, ada kalori jadi bisa nambahin kalori. Kita normalnya 2500 kalori per hari," katanya saat dihubungi via sambungan telepon, Senin (29/10/2018).


Jumlah kalori yang kita asup tiap harinya dapat berkontribusi pada kenaikan berat badan. dr Titi, sapaannya, menyebut seseorang dapat dengan mudah mengalami obesitas jika sering melakukan perilaku mukbang bukan hanya sekali. Namun kemungkinan tersebut dapat dikecilkan jika diimbangi dengan aktivitas fisik yang cukup banyak.

"Intinya, apapun yang berlebihan itu tidak baik ya. Lebih baik dihindari. Makanan sehat juga berbahaya kalau berlebihan. Saya ada pasien yang makan buah banyak banget, gula darahnya jadi naik. Ya yang sedang-sedang saja lah," imbuh dia.

Menurut Organisasi Pembangunan dan Kerjasama Ekonomi (OECD), meski jadi satu dengan tingkat obesitas terendah di dunia namun angka obesitas di Korsel telah meningkat dari 28 persen pada tahun 1998 menjadi 31,7 persen di tahun 2007 dan melonjak menjadi 34,8 persen di 2016. Mereka juga memprediksi angka tersebut akan berlipat ganda pada tahun 2030 dan semakin meningkat.





Tonton juga 'Doyan Mukbang Lebih dari 10 Ribu Kalori, YouTuber Ini Tetap Kurus':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)