Minggu, 04 Nov 2018 08:18 WIB

Transformasi Sehat Kemal Mochtar, Diet dari 120 Kg Jadi 63 Kg!

Annissa Widya Davita - detikHealth
Sosok penyiar Kemal Mochtar yang dulu dikenal gempal sudah tidak ada lagi. (Foto: Annissa Widya Davita/detikHealth) Sosok penyiar Kemal Mochtar yang dulu dikenal gempal sudah tidak ada lagi. (Foto: Annissa Widya Davita/detikHealth)
Jakarta - Ramainya pemberitaan mengenai diet yang dilakukan Kemal Mochtar, detikHealth secara ekslusif menghampiri kantornya untuk mengulas habis perjalanan diet yang dilakukan Kemal. Saat bertatap muka pertama kali, tim detikHealth pun pangling dan tidak menyangka seorang lelaki berkepala plontos tersebut adalah Kemal.

Seorang penyiar radio kondang yang berhasil menurunkan beratnya sebanyak 55,8 kilogram dalam satu tahun ini, cukup membuat netizen geger. Pasalnya lelaki kelahiran Bandung tersebut memang terkenal dengan tubuhnya yang gemuk dan gemar makan.

Pada tahun 2007 sebelun bertebarnya catering diet di sosial media, Kemal sempat mecoba diet dengan salah satu pelopor pertama catering diet, ia pun berhasil menurunkan berat badannya dari 90kg ke 69 kg. Kemal mengaku, selama masa diet yang dilakukannya sungguh tidak menyenangkan, karena ia hanya mengonsumsi makanan yang rasanya hambar.

"Rasanya kayak makan stereofoam. Pas udah selesai diet, pikiran di otak gue apa coba? Awas ya, gue mau bales dendam, gue mau makan pizza, mau makan fried chicken, apapun deh semuanya," tutur Kemal, kepada detikHealth, saat ditemui di kantor GenFM, Jakarta Selatan, Jumat (2/11/2018).



Setelah Kemal melakukan balas dendam, ia mengaku tidak bisa berhenti makan apapun yang dia inginkan. Karena keterusan, berat badan pun semakin tidak terkontrol dan mencapai berat 120kg.

Tahun 2017 merupakan salah satu momen yang mengubah kehidupannya. Memiliki channel Youtube dengan konten makan-makan merupakan salah satu impian dari Kemal. Mengingat berat badannya yang begitu berlebih ia pun sempat mengurungkan niatnya menjadi Youtuber.

"Gue pengen banget punya channel youtube yang kontennya makan-makan, 'cause i love to eat. Tapi, istri gue bilang "Lo gila ya, berat 120kg mau bikin channel, tentang makanan pula", terus gue mikir, iya juga ya, akhirnya blom kesampean deh tuh," jelas Kemal.

Hingga pada suatu malam, saat Kemal tertidur, ia mengatakan bahwa sudah tiga kali secara tidak sadar tenggorokannya tersedak. Rasa takut dan khawatir pun menghantui Kemal hingga dia memilih enggan untuk tidur.

"Gue dua atau tiga kali itu keselek, wah itu serem banget sih, keseleknya sampe gabisa ngomong dan gabisa napas," tutur Kemal dengan nada yang khawatir.

"Itu rasanya kayak ke block gitu, dan saat diminumin air itu tumpah semua air yang ada di mulut gue. Rasanya kayak mau mati, panik sampe gue gamau tidur lagi karena jadi takut mati," tandasnya.

Kemal saat belum selesai menjalani diet.Kemal saat belum selesai menjalani diet. Foto: Dok. Kemal Mochtar


Dengan adanya kejadian tersebut Kemal pun melakukan medical check up yang menyadarkan Kemal bahwa dirinya harus melakukan diet.

"Awalnya gue sepedaan tuh, dari 120kg turun jadi 90kg. Terus sempet naik lagi ke 110kg, di situ gue sepedaan lagi, duh udah sampe mana-mana deh," ucap Kemal.



Karena Kemal merasa tidak ada perubahan yang signifikan pada dirinya, akhirnya ia sharing dengan temannya mengenai diet dan menemukan salah satu dokter ahli gizi.

"Di situ lah gue mulai diet, selama ini ternyata yang ada di pikiran gue itu salah, semua catering diet udh gue coba tapi berat badan nggak turun, dan akhirnya gue ketemu sama dokter ini," tuturnya.

Kemal pun mengakui, dokter nutrisi yang ia pilih cukup disiplin dalam menerapkan aturan nutrisi. Jam, jenis, jumlah, merupakan salah satu patokan yang di lakukan Kemal saat memulai diet.

"Jamnya diatur, makannya jam berapa. Jenisnya diatur, makanannya apa aja. Jumlahnya juga diatur," tandas Kemal.

"Menu makanannya dari dokter, dan gue pun cocok. Kenapa? Karena makanannya ada rasanya." jelasnya dengan nada bersemangat.

Kemal mengaku nyaman dengan tubuh barunya.Kemal mengaku nyaman dengan tubuh barunya. Foto: Annissa Widya Davita/detikHealth


Setelah menemukan dokter nutrisi yang cocok dengannya, Kemal pun merasa bahagia, karena ia mengaku diet yang dilakukannya sama sekali tidak menyiksa. Kemal tetap bisa makan apapun yang kaya akan rasa asalkan mengikuti perhitungan nutrisi yang sudah di tetapkan dokter.

"Selama setahun ini gue cuman boleh cheating saat lebaran doang. Satu godaannya, yaitu keripik kentang, itu bikin gue craving banget," ucapnya dengan ekspresif.



Dengan berat badan 120kg saat memulai diet, Kemal mengaku tidak melakukan olahraga spesial. Dokter yang menangani Kemal mengatakan, bahwa boleh melakukan olahraga, namun jangan yang terlalu ekstrem, mengingat kondisi tubuh Kemal yang cukup gemuk dan ia pun memiliki keturunan penyakit jantung.

"Kalo gue olahraga lari, itu ada perhitungannya sendiri. Jadi, dokter nyaranin yang simple aja, yaitu jalan," tutur Kemal.

"Gue setiap hari jalan 30-60 menit, dan itu mutlak gue harus lakukan setiap harinya," tegasnya.

Setelah menjalani diet selama setahun, akhirnya Kemal bisa memangkas berat badannya yang kini menjadi 63 kg. Terlepas dari bebas memakan apapun, Kemal tetap membatasi asupannya dan mulai melakukan olahraga untuk menjaga stabilitas berat badannya.

"Nah gue nanya tuh sama netizen, eh yang keluar adalah tempat gym-nya Jansen Ongko. Setelah konsultasi ternyata dia setipe sama dokter gue yang apa-apa serba diperhitungkan. Gue akan mulai olahraga sama dia besok Rabu (7/11)" tandasnya.

Ketika pencapaiannya sudah terpenuhi pada posisi 63 kg, Kemal akan melanjutkan cita-citanya menjadi Youtuber makan-makan. Selain itu, kini dia berkesempatan menjadi pembicara di berbagai acara yang membahas mengenai kesehatan.

"Ini dia journey diet gue," tutup Kemal dengan raut muka tersenyum.


Simak Juga 'Olahraga Ini Cocok Buat Kamu yang Overweight!':

[Gambas:Video 20detik]


(up/up)