Selasa, 06 Nov 2018 12:40 WIB

Selalu Lapar Saat Turun Hujan, Apa yang Sebenarnya Terjadi di Usus?

Annissa Widya Davita - detikHealth
Tiap kali turun hujan, kenapa perut terasa cepat lapar ya? (Foto: Rengga Sancaya) Tiap kali turun hujan, kenapa perut terasa cepat lapar ya? (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan curah hujan tinggi dalam beberapa hari ke depan. Selain perlu mewaspadai risiko bencana, tidak ada salahnya menyiapkan stok makanan. Rasa lapar cenderung susah dikontrol ketika turun hujan.

"Laper, bawaannya mau makan melulu," tulis Tiara, seorang pembaca detikHealth, dalam akun twitternya.

Mendadak lapar atau jadi cepat lapar saat cuaca dingin ternyata bukan hanya ada di pikiran. Ada mekanisme di dalam tubuh yang membuat perut selalu minta diisi makanan.

"Musim dingin memang memberikan peningkatan asupan kalori sebesar 5-10 persen. Hal ini normal karena merupakan naluriah," jelas Leona Victoria Djajadi, MND, ahli gizi dan diet lulusan University of Sydney, kepada detikHealth, Selasa (6/11/2018).



"Ini merupakan salah satu cara untuk mencegah penurunan suhu tubuh saat merasa kedinginan," tambah Victoria.

Menurut Victoria, yang perlu dilakukan saat tubuh merasa kedinginan adalah memperbanyak hidrasi alias mengonsumsi air yang cukup. Misalnya seperti minum minuman yang hangat tanpa menggunakan gula, jadi suhu tubuh tidak turun.

"Selain mengonsumsi minuman hangat, kita harus tetap mengatur jadwal makan termasuk snacking, jadi tidak setiap saat snacking (ngemil)," tutup Victoria.


Kamu juga mengalami keluhan lapar saat turun hujan? Tinggalkan jejak lewat polling di bawah ini:



(up/up)
News Feed