Selasa, 06 Nov 2018 14:14 WIB

Menu Makanan Ini Bisa Bantu Tetap Sehat di Musim Hujan

Annissa Widya Davita - detikHealth
Sop hangat dengan rempah-rempah yang bisa menghangatkan tubuh baik dikonsumsi saat musim hujan. (Foto: Fitraya/detikTravel) Sop hangat dengan rempah-rempah yang bisa menghangatkan tubuh baik dikonsumsi saat musim hujan. (Foto: Fitraya/detikTravel)
Jakarta - Ketika musim hujan datang, tentu saja suhu cuaca di luar akan berubah menjadi dingin. Rasa lapar yang terus menerus pada kondisi seperti ini merupakan hal yang lumrah. Merasa lapar merupakan salah satu sinyal dari tubuh untuk mecegah penurunan suhu tubuh.

Ahli gizi dan diet dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi MND, mengatakan bahwa, makanan atau minuman hangat, merupakan salah satu pilihan yang baik untuk kamu yang tetap ingin menjaga kehangatan tubuh dari dalam.



"Makanan yang bersifat hangat, seperti mengandung jahe, merica, cabe, sangatlah cocok konsumsi saat cuaca dingin," ujarnya, kepada detikHealth, Selasa (6/11/2018).

Seperti sambal contohnya, Victoria, sapaan akrabnya menyarankan agar tidak menyalahgunakan penggunaan cabai. Jika makanan tersebut sangat pedas, yang terjadi pada tubuh bukannya rasa hangat melainkan bisa menimbulkan risiko penyakit.



"Kalau makanannya super pedas, asin tambah pula micin, jadi yang ada bukan badan hangat tapi terlalu panas jadi panas dalam atau radang tenggorokan," tegasnya Victoria.

Rekomendasi makanan yang baik untuk menghangatkan tubuh adalah makanan yang mengandung jahe. Menurut Victoria, karena walau disajikan pada suhu ruang tetap, rasanya akan tetap hangat di saluran cerna.

"Selain minuman atau makanan yang mengandung jahe, minuman lainnya yang masih panas saat disajikan juga baik, tapi tetap ingat jangan pakai banyak gula tambahan, ganti dengan pemanis buatan seperti daun stevia," tutupnya.





Tonton juga 'Memilih Buah yang Baik di Musim Hujan':

[Gambas:Video 20detik]

(fds/fds)
News Feed