Senin, 12 Nov 2018 10:25 WIB

Punya Riwayat Diabetes, Begini Chef Bara Pattiradjawane Atur Pola Makan

Annissa Widya Davita - detikHealth
Chef Bara Pattiradjawane selalu jaga pola makan walau sehari-hari berurusan dengan makanan enak (Foto: Annissa Widya Davita/detikHealth) Chef Bara Pattiradjawane selalu jaga pola makan walau sehari-hari berurusan dengan makanan enak (Foto: Annissa Widya Davita/detikHealth)
Jakarta - Chef kondang Bara Pattiradjawane mengaku punya riwayat diabetes di keluarganya. Tak heran jika kini ia sangat menjaga pola makan yang sehat, walaupun sehari-hari berurusan dengan makanan enak.

"Alhamdullilah saya sudah melakukan check up per 6 bulan, dan selama ini semuanya masih batas normal," kata Chef Bara saat ditemui detikHealth baru-baru ini di area Car Free Day, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Salah satu pengaturan pola makan yang dilakukan Chef Bara adalah mengurangi asupan gula sejak dini. Memilih makanan pun ia penuh perhitungan, hanya memilih yang memang ada manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

"Kalau minum kopi yang cenderung pahit atau menggunakan gula nira. Teh saya sudah tidak pake gula sama sekali," katanya.



Tak lupa, ia juga mengimbanginya dengan olahraga secara teratur. Meski mengaku punya riwayat skoliosis atau tulang belakang bengkok, ia berusaha untuk tetap rutin melakukan aktivitas fisik. Lari dan power walk jadi andalannya, di samping ngegym.

Mengatur pola makan, susah nggak sih? Menurut Chef Bara, memang butuh adaptasi tapi nggak sulit kok.

"Kalau baru memulai kamu hanya butuh tiga minggu untuk adaptasi, itu menurut saya cukup," kata Chef Bara.

(up/up)
News Feed