Jumat, 23 Nov 2018 19:00 WIB

Studi: Pangkas Kalori 15 Persen Bikin Awet Muda!

Yoga Radyan Nalendra - detikHealth
Mau awet muda? Jangan makan terlalu banyak (Foto: shutterstock) Mau awet muda? Jangan makan terlalu banyak (Foto: shutterstock)
Jakarta - Ngomongin kalori, kaitannya nggak cuma dengan berat badan. Menurut penelitian terbaru, memangkas asupan kalori hingga 15 persen selama dua tahun bisa memperlambat proses penuaan.

Studi yang dipublikasikan di Journal Cell Metabolism tersebut mengatakan bahwa asupan kalori berpengaruh pula pada berbagai risiko penyakit yang terkait metabolisme. Termasuk di antaranya diabetes, kanker, dan alzheimer yang merupakan salah satu jenis pikun.

"Mengurangi asupan kalori memberikan manfaat kesehatan bagi semua orang tanpa memandang status kesehatan mereka saat ini," kata Leanne M Redman dari Louisiana State University yang melakukan penelitian ini, dikutip dari CNN, Jumat (23/11/2018).



Eksperimen pada hewan menunjukkan bahwa pembatasan kalori hingga 25 persen bisa memperpanajng usia. Temuan itu yang mendorong Leanne untuk menjawab pertanyaan para ilmuwan, apakah hal yang sama juga berlaku pada manusia?

"Jadi kami tidak dapat menyimpulkan bahwa perubahan ini secara hubungannya terkait dengan berkurangnya penuaan," jelasnya.

(up/up)
News Feed