Minggu, 25 Nov 2018 17:05 WIB

Manfaat Sehat Kakap, Jenis Ikan yang Dimasak Susi Pudjiastuti

Rosmha Widiyani - detikHealth
Susi Pudjiastuti masak ikan (Foto: Selfie Miftahul Jannah) Susi Pudjiastuti masak ikan (Foto: Selfie Miftahul Jannah)
Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Susi Pudjiastuti menunjukkan kebolehannya mengolah kakap pada Minggu (25/11/2018). Susi memilih menu kakap pindang gunung yang merupakan menu khas Pangandaran, Jawa Barat.

Kakap atau snapper adalah salah satu jenis ikan yang kaya kandungan nutrisi. Dikutip dari Healthy Eating SFGate, kakap mengandung rendah kalori dan tinggi protein. Kakap juga kaya selenium, vitamin A, potasium, dan asam lemak omega 3. Konsumsi ikan kakap membantu melengkapi kecukupan nutrisi tiap hari.



Seekor kakap mengandung 99 gram selenium yang setara dengan 70 persen kebutuhan per hari. Selenium membantu sel darah putih dan kelenjar tiroid berfungsi dengan baik. Selenium juga berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.

Kandungan lain dalam kakap, yang nelayan Indonesia budidayakan sendiri adalah potasium. Kakap merah mengandung 444 miligram atau 9 persen dari anjuran kebutuhan per hari. Potasium memicu produksi enzim yang digunakan untuk metabolisme energi. Potasium juga membantu otot jantung dan yang menempel pada tulang untuk bekerja dengan baik.

Kadar asam lemak omega 3 dalam kakap setara 0,31 gram dalam 100 gram penyajian. Jumlah ini bisa diperoleh dengan makan 85 gram udang, lele, dan kepiting. Konsumsi rutin asam lemak omega 3 dapat menurunkan risiko gangguan jantung, pengerasan pembuluh darah, dan hipertensi.

(up/up)
News Feed