Senin, 10 Des 2018 19:41 WIB

Seorang Wanita di California Gemar Makan Jangkrik, Berani Coba?

Kireina S. Cahyani - detikHealth
Jangkrik disebut-sebut kaya akan nutrisi penting untuk tubuh. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Jangkrik disebut-sebut kaya akan nutrisi penting untuk tubuh. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Berbeda dari kebiasan masyarakat pada umumnya, wanita asal California, Farrah Bauer (42), dinilai memiliki kebiasaan unik, yakni selalu memperdebatkan topping es krim yang harus ada saat ia hendak memesannya. Bukan topping selai aneka rasa, buah-buahan, atau permen manis yang dibayangkan, melainkan jangkrik yang dilapisi cokelat.

Bauer sangat menyukai jenis makanan satu ini. Bahkan tanpa dilapisi cokelat sekalipun, ia begitu menyukai jangkrik. Bahkan ia mengaku bahwa tak hanya jangkrik saja, ia juga menyukai makanan sejenisnya. "Kalajengking yang dilapisi cokelat juga rasanya seperti roti Nestle Crunch," tutur Bauer dikutip dari WebMD.

Di Amerika Serikat mungkin Bauer merupakan sosok yang berbeda akibat kegemarannya menyantap jangkrik. Namun saat ini telah menjamur berbagai gerakan yang mengajak seluruh masyarakat mengonsumsi serangga.



Salah satunya adalah Food and Agriculture Organization (FAO), organisasi pangan dan pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini pada tahun 2013 berpendapat bahwa serangga dapat menjadi solusi pangan di masa mendatang karena memiliki prospek baik ke depannya sebagai bahan makanan yang dapat dikonsumsi secara aman.

Pada tahun 2013, PBB juga mengatakan bahwa serangga dapat memberi makan penduduk dunia yang terus bertambah, dengan efek yang lebih sedikit terhadap lingkungan daripada makanan lain.

Kemudian para peneliti dari University of Wisconsin di Madison memperkuat alasan serangga sangat baik untuk dikonsumsi karena protein jangkrik dapat meningkatkan bakteri alami pada usus (microbiome) dan mampu meredakan peradangan.

Menurut Bauer si pencinta es krim dengan topping jangkrik, ada cara yang unik untuk yang ingin mencoba mengonsumsi jangkrik pertama kali. Ia menyarankan untuk memulai dengan mencoba tepung jangkrik yang kaya akan protein.

"Begitu berhasil menjajal ini, pasti tidak akan menyadarinya bahwa yang dimakannya itu ternyata serangga," tuturnya

Jadi Jangkrik bagus banget lho untuk tubuh. Bagaimana, berani coba?

(up/up)