Rabu, 12 Des 2018 18:35 WIB

Tren Puasa Jus, Efektif Nggak Sih Buat Diet?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Diet jus, efektif tidak ya buat diet? Foto: Istock Diet jus, efektif tidak ya buat diet? Foto: Istock
Jakarta - Pilihan diet saat ini sudah sangat beragam, yang disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing individu. Salah satu tren yang digandrungi oleh masyarakat adalah puasa jus, yakni hanya mengonsumsi jus untuk pengganti makan.

Menurut ahli nutrisi, Jansen Ongko, tren ini kurang disarankan. Harus tetap menambahkan makan biasa, karena asupan gizi sendiri harus setiap hari terpenuhi. Kalau hanya jus saja yang dominan karbohidrat dan vitamin itu kurang, sebab asupan yang paling penting untuk tubuh adalah protein dan cairan.

"Kalau proteinnya tidak terpenuhi, mau sehat akan lebih sulit, meski olahraga mati-matian nggak akan jadi kurus. Sehabis olahraga kebanyakan orang cuman makan buah untuk meregenerasi sel, padahal itu nggak cukup," katanya saat dijumpai di Tangerang, Rabu (12/12/2018).


Jansen menambahkan, diet puasa jus memang terbilang 'mudah', namun akan sangat berbahaya bagi tubuh jika dilakukan secara rutin dan terus menerus yang tujuannya menurunkan berat badan.

"Jadi kalau misal menjalani 7 days juice fasting, bisa dibilang its not healthy. Sesekali nggak masalah tapi kalau tujuannya untuk menurunkan berat badan itu salah," pungkasnya.
(kna/up)