Rabu, 02 Jan 2019 15:10 WIB

Tren Kesehatan 2019

4 Diet yang Sebenarnya Mirip-mirip Diet Keto

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Halaman 1 dari 5
Ilustrasi diet yang mirip diet keto. Foto: thinkstock Ilustrasi diet yang mirip diet keto. Foto: thinkstock
Jakarta - Diet keto merajai tren diet di tahun 2018. Diet yang diprediksi masih akan mendulang popularitas di 2019 ini ternyata sudah sering jadi hits meski dengan nama-nama yang berbeda.

Rencana diet tersebut menyebabkan tubuh menuju kondisi ketosis, dimanfaatkan oleh badan untuk mengurangi berat tubuh. Diet ini awalnya dikembangkan untuk anak epilepsi karena adanya serangan di otak yang akan terangsan dengan glukosa, sehingga asupan karbohidratnya juga menjadi sangat rendah.

Diet keto menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Asupan karbohidrat yang diperbolehkan hanya sekitar 20 gram sehari.

"Diet ketogenic itu diet high in fat, very low in carbohydrate. Mekanismenya mengandalkan pemecahan lemak yang biasanya timbul saat puasa atau kelaparan, sehingga lemak menjadi sumber energi utama, bukan karbohidrat," kata ahli gizi dan diet dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi MND.


Ternyata, ada juga diet yang sebenarnya mirip-mirip dengan diet keto, mulai diet Atkins hingga diet DEBM. Dirangkum detikHealth dari berbagai sumber, berikut ini beberapa di antaranya. (ask/up)