Kamis, 03 Jan 2019 11:07 WIB

Kartika Putri Jalani Diet Mayo, Diet Apa Tuh?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kartika Putri jalani diet mayo. Foto: (Palevi/detikHOT) Kartika Putri jalani diet mayo. Foto: (Palevi/detikHOT)
Jakarta - Kartika Putri mengaku tengah menjalani diet. Diet ini dia lakukan demi mendapatkan berat badan ideal.

"Banyak yang nanya kenapa aku diet.. sebelum nikah berat badan aku 47-49 kilo dan sekarang 56 kilo," tulis Kartika Putri di akun Instagramnya.

Ia pun menjelaskan bahwa ia sedang mencoba diet mayo. Diet apa tuh?

Diet mayo ternyata masih masuk salah satu diet populer beberapa tahun belakangan. Untuk mengikuti diet ini, salah satu syaratnya pejuang diet diminta untuk mengikuti set menu 13 hari dengan menghindari garam pada masakan.

Namun ternyata, diet ini menurut dokter gizi kurang tepat untuk dilakukan. Beberapa waktu silam, Diana F. Suganda, MKes, SpGK, dari RS Pondok Indah Bintaro menjelaskan garam natrium berfungsi untuk menahan cairan dalam tubuh. Sehingga ketika kita tidak mengonsumsi garam, cairan tidak akan tertahan dan terbuang oleh tubuh.

"Efeknya berat badan pasti turun, tapi hanya water loss," ujarnya.


Selain itu, anjuran untuk mengakhiri makan pada jam 18.00 dirasa Diana juga tidak bisa diimplementasikan oleh sebagian orang, khususnya yang punya jam kerja malam. Diana mengakui memang bisa saja terjadinya defisit kalori dengan batasan jam makan, akan tetapi ini bukanlah hal yang ideal.

"Terakhir makan jam 6, lewat dari itu jadi lemak katanya, memang badan ada jamnya? Kalau orang kerja sampai pagi, dia cuma boleh makan sampai jam 6 sore, bisa enggak malam hari konsen? Enggak bisa, karena dia enggak ada energi untuk berpikir," tandasnya.

(ask/up)