Senin, 11 Feb 2019 06:46 WIB

Tips Nasi Goreng Sehat ala Vincent Rompies Biar Lebih Kaya Nutrisi

Rosmha Widiyani - detikHealth
Vincent Rompies (kiri) di acara Ulang Tahun BPOM ke-18 (Foto: Rosmha/detikHealth) Vincent Rompies (kiri) di acara Ulang Tahun BPOM ke-18 (Foto: Rosmha/detikHealth)
Jakarta - MC, musisi, dan aktor Vincent Rompies mengingatkan tidak hanya mengonsumsi satu jenis nutrisi setiap hari. Kesibukan dan padatnya aktivitas tiap hari tidak jadi alasan mengonsumsi asupan minim nutrisi.

"Jangan cuma makan karbohidrat. Makanan sebetulnya bisa divariasi supaya kandungan gizinya beragam, misal nasi goreng yang dikasih abon ikan jadi ada proteinnya," kata Vincent di acara Ulang Tahun Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) ke-18, Minggu (10/02/2019).



Khusus untuk nasi goreng, Vincent menyarankan mengganti nasi putih dengan nasi merah. Tingkat indeks glikemik beras merah sebesar 55 lebih rendah daripada beras putih sebesar 86. Beras merah juga melepaskan gula perlahan, yang mencegah fluktuasi dan menekan risiko diabetes.

Dalam acara bertema bertema Bersama Berbakti untuk Negeri Bangun Indonesia Kuat dan Mandiri tersebut, Vincent juga mengingatkan konsumsi rutin sayur setiap hari. Hal ini tidak sulit karena sayur sebetulnya selalu tersaji di samping hidangan utama, dalam bentuk garnish atau makanan pendamping misal acar.

Makan sayur merupakan salah satu bentuk pola hidup sehat, selain rutin olahraga dan tidak merokok. Rutin makan sayur dan buah mencegah peningkatan berat badan dan obesitas, yang merupakan akar penyakit diabetes, hipertensi, gangguan jantung dan pembuluh darah.



Simak juga video 'Kuliner Betawi yang Kaya Khasiat: Nasi Goreng Daun Mengkudu':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed