Senin, 11 Feb 2019 12:55 WIB

Viral Video Masak Nasi Goreng Pakai Makanan Basah Kucing, Aman Nggak?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Baru-baru ini beredar sebuah video masak dengan bahan yang agak nyeleneh: makanan basah kucing.  Foto: iStock Baru-baru ini beredar sebuah video masak dengan bahan yang agak nyeleneh: makanan basah kucing. Foto: iStock
Jakarta - Baru-baru ini beredar sebuah video masak dengan menggunakan bahan yang agak 'nyeleneh': makanan basah kucing. Sontak, unggahan tersebut menjadi ramai oleh komentar para netizen yang merasa aneh dengan penggunaan bahan tersebut. Banyak juga dari mereka yang menanyakan keamanan nasi goreng itu.

"Serius itu beneran dimakan sama orangnya?" cuit salah satu warganet yang kebingungan.

Bingung aman atau enggak? Leona Victoria Djajadi MND, Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney menjelaskan secara teori makanan kalengan baik untuk manusia ataupun binatang prosesnya sudah dilakukan secara sempurna dan tahan lama karena menggunakan prinsip pengolahan yang sama.

"Jadi secara teori, aman tidak menyebabkan keracunan makanan," ujarnya. Tapi tentunya ada catatan yang perlu kamu pahami nih.


"Perlu diingat makanan kaleng untuk binatang biasanya menggunakan potongan daging sisa, organ dalam dan tulang-tulang yang dihancurkan menjadi satu. Jadi kandungan gizinya beda dengan kebutuhan manusia, karena memang binatang biasanya butuh lebih banyak protein dan lemak, dan sangat rendah garam dan karbohidrat," tambah Victoria.

Sementara biasanya makanan kaleng untuk manusia pilihan dagingnya lebih baik. Selain itu cita rasanya juga pas dan banyak menggunakan karbohidrat sebagai saus, cairan pelarut juga bumbunya.

Ada yang pernah coba makan makanan kucing? Bagikan pengalaman kamu dong di kolom komentar.




Simak juga video 'Kuliner Betawi yang Kaya Khasiat: Nasi Goreng Daun Mengkudu':

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)
News Feed