Minggu, 17 Feb 2019 19:06 WIB

4 Camilan Sehat untuk Nonton Debat Capres, Dijamin Tak Bikin Darah Tinggi

Rosmha Widiyani - detikHealth
Nonton debat capres sambil menyantap camilan, tanpa disadari bisa memicu kegemukan (Foto: Grandyos Zafna) Nonton debat capres sambil menyantap camilan, tanpa disadari bisa memicu kegemukan (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Nonton debat Calon Presiden (capres) atau tayangan lain, memang lebih enak bila ditemani camilan. Namun sebagian camilan ternyata hanya enak dikonsumsi, tanpa efek baik untuk kesehatan tubuh.

"Contoh camilan sehat misal granola bar yang terbuat dari oats serta bisa dimakan sebagai asupan yang mengenyangkan. Granola bar bisa jadi alternatif camilan yang lebih bernutrisi dan sehat daripada cokelat manis atau permen," kata ahli diet Jansen Ongko pada detikHealth.

Camilan tidak sehat, kadang-kadang bisa juga memicu dampak yang tidak diharapkan. Kandungan gula yang tinggi misalnya, bisa memicu kegemukan. Demikian juga kripik-kripikan yang banyak mengandung garam bisa memicu tekanan darah tinggi alias hipertensi.



Berikut contoh camilan yang lebih sehat yang bisa disiapkan untuk nonton debat capres malam ini.

1. Yoghurt dan buah potong

Selain mengandung beragam jenis vitamin, yogurt juga baik untuk kesehatan pencernaan dan dapat menurunkan tekanan darah. Jansen menyarankan memilih plain yogurt dan buah misalnya semangka, melon, apel, atau pisang.

2. Popcorn

Selain favorit untuk teman nonton di bioskop, popcorn juga cocok dinikmati saat menonton debat capres. Selain praktis, popcorn juga memberi rasa kenyang dan menghambat pelepasan hormon kelaparan, sehingga menonton debat menjadi tidak terganggu.



3. Dark chocolate

Berdasarkan riset yang dipublikasikan British Medical Journal, mengonsumsi dark chocolate bisa membantu kerja sistem pencernaan. Dark chocolate juga memperbaiki fungsi dan perkembangan otak, serta membantu memperbaiki suasana hati melalui kandungan theobromine.

4. Bolu pisang

Bolu pisang merupakan camilan yang tepat jika dipadukan dengan teh atau kopi. Pisang juga dapat membantu meningkatkan energi dalam waktu singkat, terutama pisang hijau yang banyak mengandung gula serta karbohidrat. Selain camilan tersebut, Jansen juga menyarankan kacang-kacangan yang tinggi serat dan protein sehingga menimbulkan rasa kenyang lebih lama.

(up/up)
News Feed