Jumat, 01 Mar 2019 19:33 WIB

Punya Penyakit Jantung, Makan Telur Disarankan Cukup Sebutir Tiap Hari

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Makan telur itu sehat, tapi jangan berlebihan (Foto: Rengga Sancaya) Makan telur itu sehat, tapi jangan berlebihan (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Untuk mempertkuat massa otot selain dengan berolahraga, Salmafina Sunan juga rutin mengonsumsi telur sampai 4 butir per hari. Hmm, berlebihan nggak ya?

Ahli Gizi dan Olahraga, Jansen Ongko mengatakan rekomendasi telur yang disarankan untuk orang sehat, sekitar 2-3 butir telur per hari jika tidak menyebabkan gangguan kesehatan. Bagi pengidap kolesterol tinggi atau penyakit jantung, disarankan untuk tidak lebih dari 1 butir telur per hari.

"Selama tidak memiliki masalah kesehatan dan dimakan dalam jumlah wajar, maka tidak ada efek samping. Terkecuali seseorang memiliki alergi terhadap telur," ujarnya kepada detikHealth pada Jumat, (1/3/2019).



Jansen menambahkan yang paling penting adalah tubuh tidak boleh kekurangan protein. Ada banyak hal yang bisa terjadi pada tubuh jika kekurangan protein dalam jangka waktu yang lama. Selain itu tubuh akan mudah sakit karena protein berperan penting dalam kekebalan tubuh.

"Kekurangan protein dapat menyebabkan menurunnya massa otot dan metabolisme tubuh, sehingga dapat menyebabkan tubuh mudah merasa lelah dan penurunan fungsi motorik. Anemia, sarcopenia, dementia dan penyakit degeneratif lainnya juga dapat terjadi saat tubuh kekurangan protein," tutupnya.

(kna/up)