Selasa, 05 Mar 2019 07:33 WIB

Mana yang Lebih Sehat untuk Sarapan, Bubur Ayam atau Lontong Sayur?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kamu tim bubur atau tim lontong? (Foto: detikHealth) Kamu tim bubur atau tim lontong? (Foto: detikHealth)
Jakarta - Masyarakat Indonesia sudah sangat umum jika sarapan harus beli-belian terlebih dahulu. Bubur ayam dan lontong sayur masih jadi primadona untuk dijadikan sarapan.

Kalau dari kedua makanan enak itu, mana ya yang lebih sehat? Dr Rita Ramayulis, DCN, MKes, Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA) pun mengatakan bahwa definisi sehat bukan hanya dari bahan makanan yang dikonsumsi.

"Definisi sehat itu tidak ada bakteri yang berbahaya, virus, atau mikroba, terbuat dari air bersih," ujarnya kepada detikHealth.

"Tapi sehat belum tentu seimbang," lanjut Rita.



Rita menjelaskan bahwa lontong sayur lebih unggul dalam hal seimbang dari bubur ayam. Di dalam lontong sayur masih terdapat komponen sayuran meskipun kadarnya sangat sedikit dan zat gizinya telah hilang karena terlalu matang.

"Kalau lontong sayur ada pepaya atau labusiam, tapi tidak sesuai dengan porsi sesungguhnya. Dan karena kematangan zat gizinya jadi hilang, mikronutrien akan hilang dalam suhu panas," jelasnya.

Sementara di dalam bubur ayam hanya terdapat komponen karbohidrat, protein, dan lemak, namun tidak terdapat komponen sayuran.

Kamu tim bubur ayam atau lontong sayur nih?

(wdw/up)
News Feed