Jumat, 08 Mar 2019 06:58 WIB

5 Sarapan Berenergi yang Tak Gampang Bikin Gemuk

Rosmha Widiyani - detikHealth
Sarapan sehat menentukan stamina sepanjang hari (Foto: thinkstock) Sarapan sehat menentukan stamina sepanjang hari (Foto: thinkstock)
Jakarta - Selain olahraga, pemilihan makanan ternyata juga bisa membantu menjaga stamina tubuh. Makanan jenis ini mengandung karbohidrat kompleks, protein, asam lemak omega 3, serat dan vitamin yang menyiapkan tubuh menghadap tantangan fisik dan mental.

Dikutip dari situs New Delhi Television Limited (NDTV), berikut 5 makanan yang bisa membantu menjaga stamina tubuh.



1. Nasi merah

Nasi merah mengandung cukup serat, vitamin B kompleks, dan karbohidrat kompleks. Kandungan karbohidrat kompleks dilepas tubuh secara perlahan, sehingga mampu mempertahankan kadar gula dan ketersediaan energi dalam tubuh. Nasi merah juga mengandung sedikit pati sehingga lebih mudah dicerna tubuh.

2. Telur

Telur adalah salah satu sumber protein terbaik yang juga mengandung 9 jenis asam amino esensial. Nutrisi ini penting untuk pertumbuhan dan perbaikan otot serta jaringan tubuh lainnya. Kandungn ini jelas mampu menjaga stamina, selain menjamin rasa kenyang usai makan.

3. Ikan

Ikan yang kaya asam lemak omega 3 penting untuk membantu tubuh dan otak bekerja maksimal. Asam lemak omega 3 jenis EPA dan DHA umumnya ditemukan di ikan dengan kandungan lemak tinggi, misal salmon dan tuna. Selain omega 3, ikan juga kaya protein dan vitamin D yang baik untuk kesehatan dan stamina tubuh.



4. Sayuran hijau

Kekurangan stamina bisa mengindikasikan gejala kekurangan zat besi, yang juga menghalangi tubuh mendapat cukup oksigen. Konsumsi cukup sayuran hijau yang kaya besi dan serat adalah solusi dari masalah tersebut. Sayuran hijau meningkatkan produksi sel darah merah, melancarkan sirkulasi dan akhirnya membantu kecukupan oksigen bagi tubuh.

5. Pisang

Buah pisang adalah snack sebelum olahraga yang terbaik. Pisang mengandung potasium, serat, dan karbohidrat komplek yang membatu meningkatkan ketersediaan energi dalam tubuh. Pisang juga meningkatkan produksi dopamine, yaitu hormon yang membantu tubuh selalu merasa dalam kondisi baik sehingga tidak mudah lelah. Selain sebagai snack sebelum olahraga, pisang juga bisa menjadi selingan malam saat merasa lapar.



Jangan Lewatkan Sarapan untuk Kebutuhan Gizi Kamu, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed