Selasa, 12 Mar 2019 09:26 WIB

8 Hal Ini Bisa Jadi Alasan Dietmu Gagal Terus

Aisyah Kamaliah - detikHealth
8 alasan yang bikin diet gagal. Foto: Thinkstock 8 alasan yang bikin diet gagal. Foto: Thinkstock
Jakarta - Para ahli mengatakan ada tiga kategori orang yang gagal memangkas berat badan.

Yang pertama adalah dia yang kehilangan lemak tubuh tetapi mendapatkan 'berat' kembali dalam bentuk lain. Berat penyeimbang ini bisa dalam bentuk retensi air, otot atau bahkan kotoran.

Kategori kedua ialah mereka yang tidak melacak kemajuan dengan benar. Sementara yang ketiga adalah tidak dalam defisit kalori yang konsisten.

Dikutip dari Body+Soul, berikut ini adalah beberapa alasan yang membuat kamu masih gagal dalam diet. Coba dievaluasi ya.


1. Kurang tidur

Kurang tidur secara mengejutkan dapat berkontribusi terhadap beberapa inci di sekitar pinggang. Dipercaya secara luas bahwa kurang tidur mempengaruhi sekresi kortisol, suatu hormon yang mengatur nafsu makan.

2. Stres

Stres kronis dapat membuat seseorang lari ke alkohol atau makanan sebagai cara merasa nyaman.

3. Kamu makan terlalu banyak

Salah satu faktor terpenting dalam menurunkan berat badan adalah mempertimbangkan berapa banyak kalori yang kamu konsumsi sebagai lawan dari pembakaran.

4. Kamu tidak konsisten olahraga

Ahli penurunan berat badan merekomendasikan 60-90 menit latihan setiap hari, atau 30 menit latihan intensitas tinggi. Nah, untuk hal kecil dulu deh, kamu sudah sering jalan kaki?


5. Cheating sepanjang akhir pekan

Mengonsumsi camilan setiap akhir pekan akan menghambat kerja keras seluruh pada hari-hari sebelumnya. Ganti suguhan makanan dengan hal-hal menyenangkan lainnya, seperti ke bioskop atau pijat.

6. Kamu terburu-buru

Beri diri kerangka waktu yang realistis untuk melihat hasil, dan jangan berkecil hati jika kamu tidak melihat angka pada timbangan turun. Ingat, mungkin ada manfaat lain bagi tubuh yang belum bisa kamu lihat, misalnya pertambahan massa otot.

7. Kondisi medis

Penurunan berat badan adalah proses kompleks yang dibuat dari banyak faktor yang kita kontrol, seperti diet, olahraga, tingkat aktivitas, stres dan kebiasaan tidur. Ada juga faktor-faktor yang di luar kendali kita seperti gen, jenis kelamin, hormon, usia dan tipe tubuh.

Jika kamu mendapati bahwa kamu tidak kunjung kehilangan berat badan, mungkin ada baiknya memeriksakan diri ke dokter.

8. Sudah terbiasa dengan olahraga tersebut

Saat tubuh beradaptasi dengan latihan, itu menjadi lebih efisien dan karenanya, tidak mengeluarkan kalori sebanyak itu. Jika ini masalahnya, saatnya mencampurnya dan mulai mencoba latihan lain. (ask/up)
News Feed