Rabu, 13 Mar 2019 13:18 WIB

6 Kesalahan Saat Makan Siang yang Bikin Berat Badan Melonjak

Ayunda Septiani - detikHealth
Melewatkan makan siang bisa berdampak pada berat badan (Foto: Thinkstock) Melewatkan makan siang bisa berdampak pada berat badan (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Menurut penelitian, orang yang melewatkan sarapan mudah mengalami kenaikan berat badan. Ternyata, hal ini juga berlaku sama seperti makan siang. Melewatkan makan siang dapat menyebabkan badan lesu dan cenderung memiliki keinginan untuk ngemil.

Selain itu, melewatkan makan siang akan mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan masalah kesehatan, seperti dikutip dari Boldsky.

Penting meluangkan waktu untuk makan siang dan mengisi kembali energi yang telah dikeluarkan tubuh sejak pagi hari. Namun ada beberapa hal yang juga harus dihindari saat makan siang agar berat badan tidak bertambah secara drastis. Apa saja ya kira-kira?



1. Membeli makanan setiap hari

Ini adalah kesalahan paling umum yang harus dihindari. Makan di luar seperti di restoran seringkali tidak segar dan mengandung zat adiktif yang berpotensi membahayakan tubuh dalam jangka panjang.

Selain itu, membeli makanan di luar tidak selalu terjamin kebersihannya. Sebaiknya kamu membatasi makan di luar hanya pada saat keadaan darurat. Makanan kamu akan lebih sehat jika dimasak sendiri.

2. Makan di meja kerja

Studi telah mengungkap, meja kerja mengandung kuman 3 kali lebih banyak daripada tempat duduk toilet. Hal ini memudahkan mikroba untuk memasuki tubuh kita melalui makanan yang kita makan.

Untuk itu, hindari makan siang di meja makan dan carilah tempat alternatif yang bisa membuat kamu beristirahat sejenak dari pekerjaan.

3. Makan sambil main ponsel

Saat ini sulit sekali bagi orang-orang untuk berpisah dari ponsel, bahkan pada saat makan. Padahal, terdapat banyak bakteri dan kuman pada ponsel. Sebaiknya kamu menghindari memegang ponsel dan fokus pada makanan kamu.

Selain itu, studi menunjukkan orang yang makan sambil bermain ponsel akan makan lebih banyak dibandingkan orang yang tidak memegang ponsel saat makan. Karena mereka tidak berfokus kepada makanan yang dia makan.



4. Makan telat

Menunda makan siang akan membuat kamu lesu dan lebih rentan terkena penyakit. Selain itu, ketika makan siang mendekati sore hari, ada kemungkinan kamu akan makan lebih banyak dari biasanya.

Efek lainnya, tidak makan tepat waktu akan memperlambat metabolisme kamu. Hal ini menyebabkan makanan tidak dicerna atau disimpan sebagai lemak.

5. Minum soda

Soda mengandung kandungan tinggi gula. Hal ini menambah timbunan lemak di tubuh lho. Imbasnya, berat badan akan naik dengan mudah.

Selain itu, soda membuat kerusakan gigi dan membuat kadar gula darah kamu meningkat.

6. Duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama lebih baik melakukan jalan cepat setelah makan karena akan membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih baik. Berjalan juga akan membantu membakar kalori. Terlalu lama duduk setelah makan akan mengubah energi menjadi lemak dan menyimpannya.

(up/up)